Identifikasi Benda Menggunakan Kamera Berbasis Android

Dedy Gunawan, Antonius Wibowo

Abstract


Dewasa ini, Android adalah salah satu sistem operasi yang sangat populer di masyarakat. Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang, sehingga pengguna bisa membuat aplikasi baru di dalamnya. Aplikasi yang mereka ciptakan sendiri bisa untuk digunakan pada bermacam peranti bergerak.
Pada penelitian ini, perangkat yang akan diintegrasikan menggunakan Android adalah sebuah robot humanoid berbasis mikrokontroler CM-510. Robot humanoid ini bergerak berdasarkan sinyal IR yang diterimanya dari sebuah remote control yang mengirimkan sinyal IR tersebut. Perancangan yang diperlukan adalah perancangan hardware meliputi pembuatan RS-232 yang berfungsi sebagai komunikasi robot humanoid dengan handphone Android, lalu pembuatan mekanika gerak kepala robot agar kepala robot dapat bergerak. Untuk perancangan software meliputi pembuatan aplikasi handphone Android, dan pemrograman humanoid.
Dengan adanya teknologi ini, diharapkan robot humanoid tersebut dapat bergerak secara otomatis mencari, mendekati, dan menendang sebuah benda yang menjadi objek tujuannya. Modul interface yang digunakan untuk menghubungkan Android dengan robot humanoid tersebut adalah Modul IOIO. Modul IOIO ini memiliki sebuah port USB, dan beberapa port I/O. Port USB akan menerima input dari Android dan memberikan output melalui I/O port yang nantinya akan dihubungkan ke robot humanoid tersebut.

Save to Mendeley


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33508/wt.v12i1.1444