Efek Distorsi Pada Gitar Listrik Secara Wireless

Arlinton Imanuel Coresta, Widya Andyardja, Yuliati Yuliati

Abstract


Perkembangan teknologi pada bidang entertainment terutama dalam dunia musik kian beragam. Sebuah teknologi yang disebut wireless atau dengan kata lain tanpa kabel sedang merambah dunia musik, hal ini ditunjukkan dengan hadirnya alat berupa wireless yang menggantikan peran kabel pada alat musik seperti gitar listrik. Keunggulan dari wireless adalah mengurangi penggunaan kabel, menambah jarak permainan dalam sebuah band dan sebagainya.
Dalam penelitian ini, wireless yang sering digunakan oleh pemain gitar akan dimodifikasi dengan diberi sebuah rangkaian yang memberi sebuah efek pada suara yang dihasilkan oleh gitar listrik, efek ini disebut efek distorsi,dimana efek ini sering dimainkan saat memainkan lagu-lagu dengan tempo yang keras.Efek distorsi sangat sering digunakan dalam permainan gitar listrik karena merupakan efek gitar yang mudah digunakan oleh siapapun.
Alat ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan wireless dan menghemat penggunaan efek gitar konvensional, terutama efek distorsi yang sering dijumpai di masyarakat. Alat ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan wireless dan menghemat penggunaan efek gitar konvensional, terutama efek distorsi yang sering dijumpai di masyarakat.
Kata kunci: wireless, distorsi, musik.

Save to Mendeley


Full Text:

PDF

References


[ 1 ] Fancy, Ronaldus. 2001. ”Ekualiser Efek Distorsi Gitar Listrik Menggunakan Mikrokontroller 8951”. Surabaya: Universitas Katolik Widya Mandala, Indonesia.

[ 2 ] Adi Prakosa, Roma. 2016. “Rancang Bangun Efek Gitar Drive Analog Dengan Sistem Pengontrol Digital. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia.

[ 3 ] Nugriyo, Dadik, 2012. “Interkoneksi Sistem Wireless Gitar Menuju Amplifier”. Semarang: Universitas Negeri Semarang, Indonesia.

[ 4 ] Bohn, Dennis. 1976 “Audio Handbook”. Santa Clara, CA.

[ 5 ] Penjelasan Mengenai Pemancar FM”. (http://electronicsdiy.com/BA1404_Stereo_FM_Transmitter.php) (diakses pada tanggal 10 Januari 2018)

[ 6 ] Penjelasan IC BA 1404 Scales (http://id.fmuser.org / news/ Electron/ BA1404-stereo-transmitter-chip.html) (diakses pada tanggal 20 Maret 2018)




DOI: https://doi.org/10.33508/wt.v19i1.1920