Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Jasa Transportasi Online

Grady Johsia, Martinus Edy Sianto, Jaka Mulyana

Abstract


Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat sekarang ini mendorong adanya penyedia transportasi online yang memudahkan konsumen yang bermobilitas tinggi. Moda transportasi yang sudah lama ada di Indonesia ini dibuat dengan inovasi berbasis online. Sampai saat ini, Go-Jek dan Grab terus bersaing khususnya dalam bidang transportasi roda dua dan roda empat. Maka dari itu, dilakukan penelitian untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi calon pelanggan dalam memilih jasa transportasi online di kota Surabaya. Dilakukan analisis faktor untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi loyalitas pelanggan, analisis diskriminan untuk menemukan pembeda antara kedua transportasi online, dan Importance Performance Analysis dilakukan sebagai ide referensi bagi transportasi online untuk meningkatkan loyalitas konsumennya. Didapatkan hasil bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen ada 3 yaitu faktor perhatian (caring), kepercayaan (trust), dan kepuasan akumulatif (overall satisfaction). Sedangkan yang menjadi pembeda signifikan antara kelompok konsumen pemakai Go-Jek, pemakai Grab, dan konsumen yang memakai kedua layanan tersebut adalah tingkat pendapatan konsumen dan dana yang dikeluarkan dalam sebulan untuk menggunakan transportasi online.

Save to Mendeley


Full Text:

PDF

References


Kasnodihardjo, 1993, "Langkah-langkah Menyusun Kuesioner", Pusat Penelitian Ekologi Kesehatan, Badan Litbangkes, III(02), 21–42.

Mardalis, A., 1998, "Meraih Loyalitas Pelanggan", Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

Rinarno, A., 2008, "Analisis pengaruh kepuasan terhadap loyalitas konsumen pada rumah makan tantene", Fakultas Ekonomi Manajemen Sanata Dharma, Yogyakarta

Rohmadi, E. C,. 2015, "Tingkat Kepuasan Pelanggan terhadap Pelayanan Fasilitas Kolam Renang Alam Tirta Yonif 412 Kabupaten Purworejo Jawa Tengah".

Wahyudi, R., 2010, "Uji Validitas Dan Reliabilitas dengan Pendekatan Konsistensi Internal Kuesioner Pembukaan Program Studi Statistika FMIPA Universitas Bengkulu".

Hendriana, D., 2015, “Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Servqual di Santosa Hospital Bandung Central”.

Amstrong, Gary & Philip Kotler, 2007, “Marketing an Introduction”, Eight Edition, New Jersey.

Santoso, Singgih., 2017, “Statistik Multivariat dengan SPSS”, PT Elex Media Komputindo. Jakarta

Malhotra, Naresh K., 2019, “Riset Pemasaran”, Edisi Keempat, PT Indeks. Jakarta

Survey Kepuasan Ojek Online di Jakarta. https://toekangjalan.typeform.com/to/uTgKal. Diakses tanggal 6 April 2019




DOI: https://doi.org/10.33508/wt.v18i2.2273