Perancangan Ulang Alat Pemotong Kerupuk Dengan Menggunakan Metode Triz (Teorija Rezhenija Izobretatelskih Zadach)

Christoforus Angelus Wijaya, Martinus Edy Sianto, Hadi Santosa

Abstract


Kerupuk merupakan makanan ringan khas asli Indonesia yang menjadi hidangan pendamping pada beberapa masakan-masakan Indonesia. Proses pembuatan kerupuk meliputi pencampuran bahan baku, pembuatan adonan, pencetakan, pengukusan, pendinginan, pengirisan, pengeringan, dan pemasakan. Dari beberapa proses pembuatan kerupuk tersebut, ada satu proses yang cukup penting diperhatikan yaitu proses pemotongan kerupuk. Hasil pengamatan yang dilakukan di UMKM Srikandi Sumber Laut yang berfokus pada olahan hasil laut menunjukkan bahwa pemillik UMKM masih menggunakan alat pemotong kerupuk secara manual. Untuk memenuhi permintaan konsumen, pemilik menginginkan alat pemotong kerupuk agar dapat menghasilkan kuantitas yang banyak dan kualitas potongan kerupuk yang baik (ukuran dan dimensi kerupuk yang seragam). Dalam penelitian ini digunakan metode TRIZ dalam merancangan ulang alat pemotong kerupuk. Hasil dari penelitian ini yaitu bentuk pisau yang dibuat melengkung, pemotongan 3 adonan dalam 1 rotasi. Penggunaan baja JIS SKD 11 sebagai bahan dasar pisau utama agar dapat memotong lontongan kerupuk dengan baik

Save to Mendeley


Full Text:

PDF

References


Aryontantra, Julian. 2018. “Perancangan Pisau Pemotong Kerupuk dengan Metode TRIZ”.

Citro, Julius Kurniawan. 2018. “Perancangan Launcher Pemotong Kerupuk dengan Menggunakan Metode TRIZ”.

Direktorat, Kredit dan UMKM, 2007, Pola Pembiayaan Usaha Kecil Syariah (PPUK-SYARIAH) “Usaha Kerupuk Ikan”. Jakarta: Gedung Tipikal (TP) Lt. V.

Muliawan, D., 1991, “Pengaruh Berbagai Tingkat Kadar Air Terhadap Pengembangan Kerupuk Sagu Goreng”, Skripsi Jur. TPG, Fak. Tekn.Pertanian, IPB, Bogor. Dalam Jurnal Teknologi dan Industri Pangan Vol XX No.1 Tahun 2009.

Sulamet-Ariobimo, R.D., “Pengaruh suhu tempering terhadap SKD 11 Mod.”, Mesin - Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 2006, Vol. 8, No. 3.

Koswara, Sutrisno., 2009, “Pengolahan aneka kerupuk”, eBookpangan.com diambil 31 Januari, 2019.

Rantanen, Kalevi and Domb, Ellen, 2002, “Simplified TRIZ new problem-solving applications for engineering and manufacturing professional”s. United States of America: CRC Press LLC.




DOI: https://doi.org/10.33508/wt.v18i2.2274