Motorcycle Monitoring System Melalui Smartphone Android

Hartanto Wibisono, Melisa Mulyadi

Abstract


Banyaknya pengguna sepeda motor yang ada tentu tidak lepas dari jumlah kecelakaan sepeda motor dan pencurian sepeda motor. Salah satu penyebab kecelakaan sepeda motor yaitu kekurangan tekanan angin pada ban. Hal ini dapat terjadi karena repotnya mengukur tekanan angin sendiri. Oleh karenanya dibuatlah sebuah monitoring system yaitu alat untuk mengukur tekanan angin pada ban dan menampilkannya pada aplikasi smartphone. Dalam aplikasi juga terdapat layar kedua untuk melacak lokasi sepeda motor untuk mengatasi terjadinya pencurian. Alat ini direalisasikan menggunakan mikrokontroler arduino nano untuk memproses data dari sensor tekanan untuk mengukur tekanan angin dan pada arduino yang berbeda memproses modul Global Positioning System untuk melacak lokasi sepeda motor. Hasil pemrosesan arduino ditampilkan pada aplikasi yang terbagi menjadi dua, yaitu layar pertama untuk nilai tekanan angin ban dan layar kedua untuk lokasi sepeda motor. Pada layar pertama bila tekanan angin ban lebih rendah dari nilai threshold, maka akan memberikan peringatan kepada pengguna. Pada layar kedua lokasi sepeda motor ditampilkan secara visual melalui google maps.

Save to Mendeley


Full Text:

PDF

References


Pratama, W. 2016. Hati-hati, 23% Kecelakaan Disebabkan Pecah Ban, Ini Solusinya!, (Online), (https://www.kompasiana.com/w4hyoepratama/hati-hati-23-kecelakaan-disebabkan-pecah-ban-ini-solusinya_57356e82b79373c60 50669cb, diakses 26 September 2017).

Deshmukh, A.V. 2005. Microcontrollers Theory and Applications, McGraw Hill.

Anderson, R. and Cervo, D. 2013. Pro Arduino. New York: Spinger Science

Banzi, M. 2011. Getting Started with Arduino, 2th ed. United States of America: O’reily Media.

Wilson, J. 2005. Sensor Technology Handbook, USA: Elsevier Inc.

Saddam. 2016. How to Use GPS with Arduino, .(Online), (https://circuitdigest.com/microcontroller-projects/reading-gps-data-using-computer-and-arduino, diakses 6 Maret 2018).

Tylor, J. (2011). App Inventor for Android: Build Your Own Apps - No Experience Required!, John Wiley & Sons, Ltd.United Kingdom.

Burd, B. 2015. Android Application Development All-in-One For Dummies. Hoboken, New Jersey: John Willey and Sons.

Kadir, A. 2018. Langkah Mudah Pemrograman Android Menggunakan App Inventor 2 Ultimate. Jakarta: PT. Elex Medi Komputindo.

Store Arduino. “Arduino Nano”, 2018. Internet: https://store.arduino.cc/usa/arduino-nano [ 7 Nov 2018 ]

Nise. NS.2011, Control Systems Engineering. 6th Edition, John Wiley & Sons

Webster, John G. 1999. The Measurement, Instrumentation, and Sensors. Florida: CRC Press LCC.




DOI: https://doi.org/10.33508/wt.v19i1.2319