Penerapan Strategi Pemasaran Produk Kripik Pisang pada UD. XYZ dengan Analisa Swot Dan Promotion Mix

Muhammad Afiif Nuradi Nugroho, Lenny Herawati, Suratno Lourentius

Abstract


Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting dalam suatu usaha selain itu strategi pemasaran yang baik akan dapat meningkatkan jumlah penjualan.Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan strategi pemasaran yang sesuai dengan keinginan konsumen dimana hal ini juga akan meningkatkan produktivitas usaha, sebab selama ini perusahaan mengalami jumlah penjualan yang naik turun,tidak stabil.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisa SWOT dan Promotion Mix merupakan  strategi pemasaran melalui identifikasi faktor internal dan eksternal.Hasil penelitian, dari identifikasi dan kuisioner diperoleh bahwa UD. XYZ berada pada kuadran IV dimana UD.XYZ dalam posisi stabilitas hati-hati dimana strategi yang digunakaan untuk kuadran IV yaitu tumbuh dan bina. Pada penelitian Friska Andriani,dkk (2021) hanya melakukan evaluasi peluang yang berupa nama produk dan saran yang diberikan untuk lebih berinovasi dan lebih kreatif dalam pengenalan menu-menu baru. Kesimpulan, setelah mengetahui kebutuhan konsumen maka diberikan usulan  perbaikan dengan penerapan strategi Promotion Mix yaitu dengan memasarkan produk melalui media sosial (facebook, instagram), mengikuti pameran yang diselenggarakan dinas terkait, melayani COD dalam jumlahtertentu, serta pemberian tester produk pada retail tertentu. Kontribusi, dengan penerapan strategi ini UD.XYZ bisa meningkatkan jumlah penjualan lebih dari 100%, sehingga diharapkan jumlah penjualan ini bisa bertahan terus sesuai dengan yang diharapkan.


Save to Mendeley


Full Text:

PDF

References


Andika F.N.F. (2019). Analisis Strategi Bisnis Menggunakan SWOT, QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) dan Model MAUT (Multi Attribute Utility Theory) (Studi Kasus di PT. PRI ADHI HUSADA). IST Akprind Yogyakarta.

Budi Utami, dkk. (2021). Penerapan Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Pie Susu Singi beraceae Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Agribisnis Dan Agroindustri, Vol.1(No.1).

Chandra. (2002). Strategi dan Program Pemasaran. Andi Ofset.

David F.R. (2011:20-25). Strategic Management (Manajemen Strategi Konsep) (Edisi 12). Andi Offset.

Dewi Sari Ika, dkk. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Berbasis Marketing Mix Dan SWOT Analysis Pada Usaha Pengeringan Asam Gelugur Di Tanjung Pura Kabupaten Langkat. Jurnal Bisnis Administrasi (BIS-A), Vol. 8(No.1), 51–64.

Eki Gilang Permata, dkk. (2020). Analisa Strategi Pemasaran Dengan Metode BCG (Boston Consulting Group) Dan SWOT. Jurnal Sains, Teknologi Dan Industri UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Vol.17(No.2).

Eni Setyariningsih, dkk. (2022). Analisis Strategi Pemasaran UMKM Tepung Bumbu ARIEN Dengan Metode IFE, EFE, SWOT Dan STP. The Journal Of Business and Management Universitas Islam Majapahit., Vol.5(No.1).

Friska Andriani, dkk. (2021). Penerapan Analisis SWOT Terhadap Penentuan Strategi Pemasaran. Jurnal JPT Universitas Pahlawan, Vol.5(No.2).

Hasrul Saleh, dkk. (2022). Analisis Strategi Pengembangan Rumah Makan Melisa Menggunakan Metode SWOT. Jurnal Teknik SILITEK, Vol.2(No.1).

Hedynata M.L, dkk. (2016). Strategi Promosi Dalam Meningkakan Penjualan Luscious Chocolate Potato Snack. Jurnal. Jurusan Manajemen. Fakultas Manajemen Bisnis Universitas Ciputra.

Hilmi Ariska, dkk. (2022). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Telur Ayam Ras Di UD. Jaya Makmur Desa Bendosari Blitar. Jurnal of Economic and Policy Studies, Vol. 3(No.1).

Indra masrin, dkk. (2019). Strategi SWOT Pada Pemasaran Tahu Alami Lubuk Buaya Kota Padang. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia Universitas Muhammadiyah Jember, Vol.5(No.1).

Muhammad Jihad Akbar, dkk. (2022). Perancangan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SWOT Dan QSPM Untuk Meningkatkan Penjualan Beras. Jurnal Intech Universitas Serang Raya, Vol.8(No.1).

N. Anisa. (2022). Penentuan Strategi Pemasaran Dalam Masa pandemic Dengan Metode SWOT. JATI UNIK. Jurnal Ilmiah Teknk Dan Manajemen Industri, Vol. 5(No.2).

Prayudi I. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Eva Boutique dengan Metode SWOT dan QSPM (Quatitative Strategic Planning Matriks). IST Akrprind Yogyakarta.

Rini Chandra. (2019). Analisis Strategi Persaingan Pasar Dengan Model SWOT Pada Rumah Makan Ayam Penyet Pak Ulis Di Langsa. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi, Vol.3(No.2).

Sri Redjeki, dkk. (2023). Merancang Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Analisis SWOT (Studi Kasus Pada Rumah Makan Ayam Pedas). Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, Vol.1(No.1).

Stanton W.J. 2001. (2001:243-257). Pinsip – Prinsip Pemasaran (Jilid 7). Erlangga.

Sutiarkoro A. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Katalog Rainbow Creative Semarang Dengan Metode SWOT. Jurnal. Jurusan Teknik Industri Universitas Diponegoro.

Tamamudin. (2015). Promosi Industri Batik Pekalongan (Penerapan, Kemudahan, dan Hambatan). Jurnal.Jurusan Syariah Dan Ekonomi Islam STAIN Pekalongan.

Tjiptono, F. (2008:26-47). Strategi Bisnis pemasaran. Andi Offset




DOI: https://doi.org/10.33508/wt.v22i1.4895