Strategi Peningkatan Kepuasan Konsumen Pada UMKM Sambal Pecel Kota Madiun

Vinsensius Widdy Tri Prasetyo

Abstract


Kepuasan konsumen sangat penting bagi perusahaan untuk membangun bisnisnya. Kepuasan tergantung dari kualitas produk perusahaan. Semakin tinggi tingkat kualitas poduk maka semakin tinggi tingkat kepuasan konsumen. Kualitas merupakan bentuk penilaian konsumen terhadap tingkat layanan yang diterima (perceived service) dengan tingkat pelayanan yang diharapkan (expected service). Untuk menjaga dan mempertahankan kepuasan konsumen pelaku usaha memerlukan strategi guna mempertahankan dan meningkatkan kualitas yang sesuai kepentingan dan harapan konsumen. Eksistensi dan keberlanjutan sambal pecel Kota Madiun merupakan hal yang diperjuangkan oleh UMKM sebagai pelaku usaha sambal pecel. Eksistensi UMKM sambal pecel dipengaruhi oleh penerimaan produk dan layanan sambal pecel oleh masyarakat sebagai pembeli. Penerimaan produk sambal pecel ditunjukkan dari tingkat kepuasan konsumen terhadap produk dan layanan UMKM sambal pecel. Oleh karena itu, UMKM sambal pecel Kota Madiun perlu mengetahui bagaimana tingkat kepuasan konsumennya serta bagaimana strategi dalam upaya untuk mempertahankan/memperbaiki serta meningkatkan kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggambarkan kepuasan konsumen dan menyusun strategi untuk upaya meningkatkan kepuasan konsumen terhadap produk sambal pecel Kota Madiun. Berdasarkan analisis didapatkan nilai CSI sambal pecel sebesar 0,768 dengan kategori puas. Pelaku usaha sambal pecel perlu meningkatkan indeks kepuasan konsumen dari base line indeks sebesar 76,78%. Beberapa variabel yang menjadi perhatikan pelaku usaha sambal pecel untuk lebih ditingkatkan lagi adalah kinerja usaha, keistimewaan produk, kehandalan produk dan pelayanan. Variabel yang perlu dipertahankan agar konsumen merasa puas yaitu kesesuaian produk dengan yang diharapkan, daya tahan produk, keestetikaan produk dan kualitas produk. Strategi peningkatan kepuasan konsumen sambal pecel berdasarkan analisis Satisfaction & Importance Matrix yang perlu dipertimbangkan oleh pelaku usaha sambal pecel adalah perlu meningkatkan kualitas layanan yang lebih memenuhi harapan konsumen, strategi mempertahankan kinerja, kesesuaian, daya tahan, estetika, dan kualitas produk, dan memperbaiki kinerja usahanya terkait dengan keistimewaan dan kehandalan

Save to Mendeley


Keywords


Strategi Peningkatan Kepuasan Konsumen, Customer Satisfaction index, Satisfaction & Importance Matrix, UMKM Sambal Pecel Kota Madiun

Full Text:

PDF

References


Aritonang, Lerbin R. 2005. Kepuasan Pelanggan. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kota Madiun (Bapelitbangda). 2023. Laporan Akhir: Kajian Produk Sambal Pecel Kota Madiun. Swasaba Research Initiative. Yogyakarta.

Husna, S., & Syukri, A. 2014. Penerapan Customer Satisfaction Index (CSI ) dan Analisis Gap Pada Kualitas Pelayanan. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 13(2), 103– 111. Retrieved from journals.ums.ac.id/index.php/jiti/article/view/618

Lupiyoadi, R. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori Dan Praktik. Salemba Empat. Jakarta.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. PT. Indeks. Jakarta.

Kotler, Philip. Amstrong. 2017. Pemasaran. Edisi pertama. Salemba Empat. Jakarta.

Kolter dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Cetakan IV. PT. indeks. Indonesia.

Kotler dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 2. PT. Indeks. Indonesia.

Rangkuti, Freddy. 2002. Measuring Customer Satisfaction. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Umar, Husein. 2003. Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa. Ghalia Indonesia. Jakarta.

(madiuntoday.id, 23 April 2023). https://madiuntoday.id/berita/2023/04/23/pecel-madiun-dinobatkan-mendikbud-sebagai-warisan-budaya-tak-benda-indonesia

(Medcom.id, 5 Januari 2023). https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/4baxMqJN-sejarah-kemunculan-pecel-menu-jamuan-kerajaan




DOI: https://doi.org/10.33508/wt.v23i1.5780