Inovasi Mesin Pengering Pakaian yang Praktis, Aman dan Ramah Lingkungan

PK Purwadi, Wibowo Kusbandono

Abstract


Pada saat ini mesin pengering pakaian sangat diperlukan terutama pada saat musim hujan tiba atau ketika sinar matahari sulit untuk diperoleh. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan mesin pengering yang praktis, aman dan ramah lingkungan. Hasil dari pengeringan pakaian ini adalah kondisi pakaian kering yang siap untuk disetrika.
Mesin pengering pakaian yang diteliti mempergunakan sumber energi dari listrik. Energi listrik dipergunakan untuk menggerakkan kompresor rotari dan kipas angin. Dalam bekerjanya, mesin pengering mempergunakan mesin siklus kompresi uap dengan komponen utama : kompresor, kondensor, pipa kapiler, evaporator dan peralatan tambahan filter. Kompresor yang dipergunakan sebanyak 2 buah, masing masing sebesar 1 PK, sedangkan ukuran komponen yang lain menyesuaikan dengan besarnya daya kompresor. Untuk mengalirkan udara, dipergunakan 2 kipas angin masing masing berdaya 54 watt. Almari pengering dirancang untuk kapasitas 20 pakaian, dengan ukuran p x l x t : 120 cm x 60 cm x 130 cm, dengan sistem terbuka.
Mesin pengering pakaian yang dirakit (a) mampu mengkondisikan udara di dalam lemari tanpa beban, pada suhu udara kering (Tdb) 59,5oC dan dengan kelembaban udara (RH) sekitar 5%. (b) mampu mengeringkan 20 pakaian baju basah hasil perasan tangan sekaligus dalam waktu 120 menit dan mampu mengeringkan 20 pakaian baju basah hasil perasan mesin cuci sekaligus dalam waktu 60 menit. Untuk 15 pakaian basah hasil perasan tangan diperlukan waktu 110 menit.
Kata kunci : mesin pengering pakaian, siklus kompresi uap, kecepatan pengeringan.

Save to Mendeley


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33508/wt.v15i2.915