DETERMINAN MINAT PENGGUNAAN E-SPT

Marta Ramadani, Novrida Qudsi Lutfillah

Abstract


This study aims to examine and analyze the influence of perceptions of usability, trust and computer self efficacy on the interest in using e-SPT in Surabaya. Respondents in this study were 90. Samples were taken using quota sampling with non probability sampling techniques.Data analysis was performed using statistics with SPSS tools. Based on the results of data analysis using the t test it is known that partially the perception of usability, trust and computer self efficacy has a positive and significant influence on the interest in using e-SPT. While based on the results of data analysis using the F test it is known that simultaneously the perception of usability, trust and computer self efficacy has a positive and significant effect on the interest in using e-SPT.

Save to Mendeley


Keywords


Tax; Tax Payer; System; E-SPT

Full Text:

PDF

References


Andrian, A., Kertahadi dan Susilo, H. (2014). Ana-lisis Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Sikap Penggunaan Ter-hadap Minat Perilaku Penggunaan Billing System. Jurnal Perpajakan Universitas Brawi-jaya, 3(1), 1-10.

Chandra, I. R. (2016). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, dan Computer Self Efficacy Terhadap Minat Penggunaan E-SPT dalam Pelaporan Pajak. Jurnal Nomi-nal, 5(1), 72-87.

Desmayanti, E. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Fasilitas E-Filling Oleh Wajib Pajak Sebagai Sarana Penyampaian SPT Masa Secara Online dan Realtime. (Skripsi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro).

Dharma, I W. M. H. dan Noviari, N. (2016). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Pada Intensitas Perilaku Dalam Penggunaan E-Filing Oleh Wajib Pajakorang Pribadi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 17(2), 1342-1370.

Irmadhani dan Nugroho, M. A. (2012). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemu-dahan Penggunaan dan Computer Self Ef-ficacy Terhadap Penggunaan Online Bank-ing pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Akuntansi UNY, 1(3),1-20.

Novindra, N. P. B. dan Rasmini, N. K. (2017). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Per-sepsi Kegunaan, dan Computer Self Effica-cyPada Minat Penggunaan E-SPT. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 19(2), 1116-1143.

Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER - 01/PJ/2017 Tentang Penyampaian Surat Pemberitahuan Elektronik.

Rachmawati, A. N. (2018, Maret 12). Padahal Lebih Cepat, Jumlah Pelaporan SPT Melalui e-Filling di Surabaya Masih Terbilang Ren-dah. Didapat dari Jatim Tribun News: http://jatim.tribunnews.com/2018/03/12/padahal-lebih-cepat-jumlah-pelaporan-spt-melalui-e-filling-di-surabaya-masih-terbilang-rendah, 21 Maret 2019, pukul 18.55 WIB.

Rakhmawati, S. (2013). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan Sistem Internet Banking Pada Nasabah Bank Muamalat Cabang Pemban-tu Madiun. Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, 2(2), 71-84.

Risky, D. (2015). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi intensitas perilaku dalam penggunaan sistem e-filling (Studi Kasus Atas Penyampaian Surat Pemberitahuan Pada Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Jurnal Mahasiswa Perpajakan, 6 (1).

Saksama, H. Y. (2018). Kepatuhan Meningkat, Pen-yampaian SPT Tumbuh Double Digit. Dikutip 21 Maret 2019 dari http://www.pajak.go.id/kepatuhan-meningkat-penyampaian-spt-tumbuh-double-digit.

Saraswati, Prita dan Kiswara, E. (2013). Analisis Terhadap Penerapan Theory Of Consumer Acceptance Technology Pada E-Spt. Diponegoro Journal of Accounting, 2(2), 1-14.

Sari, R. (2013). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Kepercayaan, dan Computer Self Efficacy Terhadap Minat Penggunaan E-Banking Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. (Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yog-yakarta).

Setyowati, E. O. T. dan Respati, A. D.. (2017). Per-sepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, Computer Self Efficacy dan Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi. Jurnal Riset Akuntansi dan Keu-angan Fakultas Bisnis UKDW, 13(1), 63-75.

Situmorang, R. (2016). Hubungan Persepsi Keber-manfaatan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepuasan, Persepsi Kerumitan, Persepsi Resiko Wajib Pajak Orang Pribadi Dengan Penggunaan E-Filing (Studi Kasus Pada Pegawai di Kantor Cabang BRI Cik Ditiro Yogyakarta). (Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta).

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengauhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Syaninditha, S. A. P. dan Setiawan, P. E. (2017). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemu-dahan, Faktor Sosial, dan Kondisi yang Mem-fasilitasi Terhadap Minat Penggunaan E-Filing. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 21(1), 86-115.




DOI: https://doi.org/10.33508/jako.v12i1.2129