PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

Megawati Megawati, Krisnawati Tarigan

Abstract


The purpose of this study is to determine the effect of company characteristics on disclosure of Corporate Social Responsibility. The characteristics of the company are divided into four types, namely leverage, public ownership, the board of commis-sioners and profitability. The type of data used is secondary data. The samples comes from 129 companies in the category of companies that were awarded the Indonesia Sustainability Report Award and 130 companies that were not awarded the Indonesia Sustainability Report Award, since 2012 - 2016. The results showed that: (1) leverage as measured by Debt Ratio has no significant positive effect on disclosure of Corporate Social Responsibility, (2) Public ownership as measured by Public Share Ownership has a positive effect on disclosure of Corporate Social Responsibility , (3) board of commissioners as measured by The size of the Board of Commissioners of the company has a positive effect on disclosure of Corporate Social Responsibility , (4) profitability as measured by the value of Return On Assets has a positive effect on disclosure of Corporate Social Responsibility.

Save to Mendeley


Keywords


ISRA, Disclosure, Corporate, Social, Responsibility

Full Text:

PDF

References


Adnantara, K., (2013), Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham dan Corporate Social re-sponsibility pada Nilai Perusahaan, Jurnal Buletin Studi Ekonomi, Vol 18 No 2, page 107-112.

Badjuri. A., (2011), Faktor-Faktor Fundamental, Mekanisme Coorporate Governance, Pengungkapan Coorporate Social Responsi-bility (CSR) Perusahaan Manufaktur Dan Sumber Daya Alam Di Indonesia, Dinamika Keuangan dan Perbankan, Vol 3, page 38-54.

Christiawan, Y. dan Putri, R., (2014), Pengaruh Profatibilitas, Likuiditas, Dan Leverage Ter-hadap Pengungkapan Corporate Social Re-sponsibility (Studi Pada Perusahaan-Perusahaan Yang Mendapat Penghargaan ISRA Dan Listed (Go-Public) di Bursa Efek Indonesia (BEI) 2010-2012, Business Accounting Review, Vol 2 No 1.

Dewi dan Sudana, (2013), Pengaruh Penganggaran Partisipatif Pada Senjangan Anggaran dengan Budgetary Control dan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Pemoderasi, E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol 5 No 3, page 707-722.

Dewi, S. S., dan Priyadi, M. P., (2013), Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corpo-rate Social Responsibility Disclosure Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI, Jurnal Ilmu & Riset Akuntans, Vol 2 No 3, page 1-20.

Farriska, N. C., (2014), Pengaruh Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Lev-erage Terhadap Tanggung Jawab Sosial Pe-rusahaan Pada Bank Umum Syariah, Skripsi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas: Su-rabaya.

Ghozali, I., (2009), Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hammer dan Pivo, (2016), The Triple Bottom Line and Sustainable Economic Development Theory and Practice, Economic Development Quarterly, page 1-12.

Komite Nasional Kebijakan Governance Tahun 2006 Tentang Pedoman Umum Good Corporate Governance Indonesia.

Lucyanda, J. dan Siagian, L., (2012), The Influence of Company Characteristics Toward Corporate Social Responsibility Disclosure, International Conference on Business and Management, page 601 – 619.

Machmud, S., (2015), Corporate Social Responsibil-ity (CSR) sebagai alternatif Pendanaan Bagi Pelaku Usaha, Majalah Bisnis dan Iptek, Vol 8 No 1, page 1-12.

NCSR, (2012), ISRA-2012, Sewindu Penghargaan “Sustainability Reporting” (Laporan berke-lanjutan) di Indonesia dan kini Hingga Merambah ke Asia Tenggara. Nation Center For Sustainability Reporting, http://www.ncsr-id.org

Novrianto. (2012), Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Informasi Sosial Pada Perus-ahaan Manufaktur Di BEI, Jurnal Ilmiah Ma-hasiswa Akuntansi, Vol 1 No 1, page 43-47.

Nur, M dan Priantinah, D., (2012), Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility Di Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Berkategori High Profile Yang Listing Di Bursa Efek In-donesia), Jurnal Nominal, Vol 1 No 1, page 22-34.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 47 Tahun 2012 Tentang Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan Perseroan Terbatas.

Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Per Efektif 1 Januari 2015. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.

Priantana, R, dan Yustian, K., (2011), Pengaruh Struktur Good Corporate Governance Ter-hadap Pengungkapan Corporate Social Re-sponsibility Pada Perusahaan Keuangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Telaah & Riset Akuntansi, Vol 4 No 1, page 65-78.

Purnasiwi, J. dan Sudarsono, (2011), Analisis Pengaruh Size, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Pengungkapan CSR Pada Perus-ahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indone-sia, Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Putra, D., (2015), Komunikasi CSR Politik: Membangun Reputasi, Etika, dan Estetika PR Politik, Jakarta: Kencana.

Putra dan Raharjo, S., (2011), Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), Audit-ing and Accountability Journal, Universitas Diponegoro Semarang.

Rahayu, P., (2015), Pengaruh Kepemilikan Saham Publik, Profitabilitas dan Pengungkapan Media Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek In-donesia Tahun 2011-2013, Skripsi, Universitas Negeri Semarang.

Ramdhaningsih, A dan Utama, I. M., (2013), Pengaruh Indikator Good Corporate Gov-ernance Dan Profitabilitas Pada Pengungka-pan Corporate Social Responsibility, E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol 3 No 3, page 65-82.

Rifqiyah, R., (2016), Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Saham Publik Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), Artikel Ilmiah STIE Per-banas Surabaya, page 1-13.

Santioso, L dan Chandra, E., (2012), Pengaruh Prof-itabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Umur Perusahaan, Dan Dewan Komisaris Independen Dalam Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, Vol 14 No 1, page 17- 30.

Sari, R. A., (2012), Pengaruh Karakteristik perus-ahaan terhadap Corporate Social Responsi-bility Disclosure pada perusahaan manufak-tur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Nominal, Vol 1 No 1, page 124-140

Simanjuntak, R. D. M., (2013), Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Nilai Perusahaan Terhadap ISRA (Indonesian Sustainability Report Awards) Pada Tahun 2007-2011. Artikel Ilmi-ah Sekolah Ilmu Tinggi Perbanas Surabaya.

Subriantoro, O. H., (2015), Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corpo-rate Social Responsibility, Jurnal Ilmu Riset Akutansi Vol 4 No 9, page 1-20.

Sudana, I. M., (2015), Teori dan Praktik: Manajemen Keuangan Perusahaan Edisi 2, Jakarta: Er-langga

Sustainability Reporting Awards http://sra.ncsr-id.org

Trimbun Jabar, (2016), PT IBR Terbukti Lakukan Pencemaran Lingkungan di Kalimati. Tibun Jabar, http://jabar.tribunnews.com

Undang– Undang Republik Indonesia No. 40 Tahun 2007 Tentang Perseroaan Terbatas.

Veronica, T., (2009), Pengaruh Karakteristik Perus-ahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung jawab Sosial Pada Perusahaan Sektor Per-tambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek In-donesia, Jurnal Universitas Gunadarma.

Widokarti, J. R., (2014), Masalah Dasar Pengelolaan Corporate Social Responsibility (CSR) Di In-donesia. Jurnal Akuntansi.

Widyaningtyas, F., (2011), Analisis Pola Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Pe-rusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indo-nesia, Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Jember.

Wijaya, M., (2012), Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi. Vol 1 No 1.

Wuryanti, L., (2013), Tinjauan Tentang Implemen-tasi Corporate Sosial Responsibilty (CSR) Pada Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi dan Manjemen, Vol 2.

Yuliana, Purnomosidi dan Sukoharsono, (2008), Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Re-sponsibility (CSR) Dan Dampaknya Ter-hadap Reaksi Investor, Jumal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, Vol 5 No 2, page 245 -275.




DOI: https://doi.org/10.33508/jako.v10i1.2189