PENGARUH BRAND IMAGE, SERVICE QUALITY DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP BRAND LOYALTY DENGAN CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA GOJEK DI SURABAYA
Abstract
Save to Mendeley
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, R., Leifu, G., Rafiq, M. Y. dan Hassan, M. (2015). Role of Perceived Value, Customer Expectation, Corporate Image and Perceived Service Quality on The Customer Satisfaction. The Journal of Applied Business Research, Vol 31 No 4, page 1425-1436.
Al-Rasyid, H. (2017). Pengaruh Kualitas dan Pemanfaatan Teknologi Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Go-Jek. Jurnal Ecodemica, Vol 1 No 2, page 210- 223.
Arnould, E.J., Price, L.L., dan Zinkhan, G.M. (2005). Consumers, International edition, 2nd ed., McGraw-Hill/Irwin: New York.
Ashraf, S., Ilyas, R., Imtiaz, M., dan Ahmad, S. (2018). Impact of Service Quality, Corporate Image and Perceived Value on Brand Loyalty with Presence and Absence of Customer Satisfaction: A Study of four Service Sectors of Pakistan. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, Vol 8 No 2, page 452–474.
Awan, A. G. dan Rehman, A. (2014). Impact of Customer Satisfaction on Brand Loyalty: An Empirical Analysis of Home Appliances in Pakistan. British Journal of Marketing Studies, Vol 2 No 8, page 18-32.
Che-H. L., Miin-J. W., Chung-C. W. (2011). Investigating the relationships among E-service quality, perceived value, satisfaction, and behavioral intentions in Taiwanese online shopping. Asia Pacific Management Review, Vol 16 No 3, page 211-223.
Dennisa, E. A., dan Santoso, S. B. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Klinik Kecantikan Cosmedic Semarang). Diponegoro Journal of Management, Vol 5 No 3, page 1-13.
Firmansyah, D., dan Prihandono, D. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Perceived Value Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan. Management Analysis Journal, Vol 7 No 1, page 121-128.
Husin, S. N. (2018). Perbandingan kualitas pelayanan dan tingkat loyalitas pelanggan online ride sharing:studi kasus Gojek dan Grab Surabaya. (Skripsi, Departemen Manajemen Bisnis Fakultas Bisnis dan Manajemen Teknologi Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Surabaya, Indonesia). Didapat dari https://repository.its.ac.id/55737/.
Irawan, H. (2008). Membedah Strategi Kepuasan Pelanggan. Cetakan Pertama: PT. Gramedia: Jakarta.
Irawati, Cindy. (2021). Pengaruh Brand Experince dan Brand Image Terhadap Brand Loyalty pada Pelanggan Bon Cabe di Jakarta (Customer Satisfication sebagai Variabel Mediasi). Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, Vol 5 No1, page 16-21.
Keller, K. L. (1993). Conceptualising, Measuring and Managing Customer Based Brand Equity. Journal of Marketing, Vol 57 No 1, page 1-22.
_________. (2003). Strategic Brand Management, Building Measurement and Managing Brand Equity. Pearson Education: Upper Sadle River NJ.
Kotler, P. (2003). Manajemen Pemasaran (edisi ke-11). Indeks kelompok Gramedia: Jakarta.
Kotler, P., dan Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing, 13th ed. Prentice Hall: New Jersey.
Kotler, P., dan Keller, K. L. (2016). Marketing Management (edisi ke-15). Pearson Education: New Jersey.
Kusumaningrum, D., Wachyuni, S., Ritasari, R., dan Kusumaningsih, R. (2019). Pengaruh Customer Satisfaction dan Brand Image terhadap Brand Loyalty di Pantai Sentosa Restaurant Jakarta. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, Vol 4 No 1, page 129-143.
Mardikawati, W. dan Farida, N. (2013). Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan pada Pelanggan Bus Efisiensi (Studi PO Efisiensi Jurusan Yogyakarta–Cilacap). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 2 No 1, page 64-75.
Minh-N. V., Huu-N. H. (2016). The Relationship between Service Quality, Customer Satisfaction and Customer Loyalty: An Investigation in Vietnamese Retail Banking Sector. Journal of Competitiveness, Vol 8 No 2, page 103-116.
Munandar, A., dan Suliantoro, H. (2015). Pengukuran Kualitas Pelayanan Kereta Api Kelas Ekonomi dengan Pendekatan Modified Servqual. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi SNST ke-6, Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim: Semarang. Didapat dari https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/prosiding_snst_ft/article/view/1119/1226. 08 Agustus 2021, Pukul 11:22 WIB.
Muttaqien, Z., Indrawati, N. K., dan Susilowati, C. (2017). Pengaruh service quality terhadap brand loyalty melalui mediasi brand satisfaction dan brand trust (Studi Pada Travel Al Madinna Mutiara Sunnah Kota Kediri). Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol 4 No1, page 111-120.
Nofiyanti dan Wiwoho, G. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness dan Perceived Value Terhadap Online Repurchase Intention pada Marketplace Shopee di Kecamatan Kebumen dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Vol 2 No 2, page 281-290.
Parasuraman, A., Zeithaml, V.A. dan Berry, L.L. (1988). SERVQUAL: a multiple item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, Vol 64 No 1, page 12-40.
Pereira, D., Giantari, N. G. K., dan Sukaatmadja, I. P. G. (2016). Pengaruh Service Quality Terhadap Satisfaction dan Customer Loyalty Koperasi Dadirah Di Dili Timor-Leste. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Vol 5 No 3, 455-488.
Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Alfabeta: Bandung.
Ramadhan, A. G., dan Santosa, S. B. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Ulang pada Sepatu Nike Running di Semarang melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of MANAGEMENT, Vol 6 No 1, page 1-12.
Rezki, M., Sukmawati, L., Elbiansyah, Riyana, D. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Ojek. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), Vol 4 No 1, page 50~57.
Ridho, M., dan Suharyono. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Brand Image Dan Dampaknya Pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 53 No 1, page 124-131.
Rismanita, R.A., Pangestuti, E., dan Devita, L.D.R. (2018). Pengaruh Perceived Value dan Satisfaction Terhadap Brand Loyalty (Survei Pada Pelanggan Produk Nu Skin di Distributor Resmi Perumahan Aluminium Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 63 No 1, page 207-215.
Semuel, H., & Putra, R. S. (2018). Brand Experience, Brand Commitment, dan Brand Loyalty Pengguna Apple Iphone di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol 12 No 2, page 69-76.
Setyo, P. E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Best Autoworks. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, Vol 1 No 6, page 755-764.
Spais, G. S. dan Vasileiou, K. (2006). Path Modeling the Antecedent Factors to Consumer Repurchase Intentions for Advanced Technological Food Products: Some Correlations Between Selected Factor Variables. Journal of Business, Vol 2 No 2, page 45-72.
Sudirman, A., Halim, F., dan Pinem, R. J. (2020). Kepercayaan Sebagai Pemediasi Dampak Citra Merek dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Gojek. Jurnal Pemasaran Kompetitif, Vol 3 No 3, page 66-76.
Sunardi, A. T. P, dan Suprianto, E. (2015). Pengendalian Kualitas Produk Pada Proses Produksi RIB A320 di Sheet Metal Forming Shop. INDEPT. Vol 5 No 2, page 6-15.
Susanti, V., Sumarwan, U., Simanjuntak, M., dan Yusuf, E. Z. (2019). Pengaruh Perceived Brand Quality, Perceived Value dan Switching Cost Terhadap Customer Satisfaction dan Brand Loyalty: Studi Pasar Industri Kimia di Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol 9 No 2, page 282-297.
Tjiptono, F., dan Chandra, G. (2011). Service Quality & Satisfaction (edisi ke-3). Andi Press: Yogyakarta.
Top Brand Index Transportasi Online. (2017). Didapat dari https://www.topbrand-award.com/en/2017/07/jasa-transportasi-online-fase-2-2017/, 14 Nopember 2021, pukul 2:20 WIB.
Top Brand Index Transportasi Online. (2018). Didapat dari https://www.topbrand-award.com/en/2018/07/jasa-transportasi-online-2018/, 14 Nopember 2021, pukul 2:20 WIB.
Top Brand Index Transportasi Online. (2019). Didapat dari https://www.topbrand-award.com/en/2019/07/jasa-transportasi-online-fase-2-2019/, 14 Nopember 2021, pukul 2:20 WIB
Top Brand Index Transportasi Online. (2020). Didapat dari https://www.topbrand-award.com/en/2020/06/jasa-transportasi-online-fase-2-2020/, 14 Nopember 2021, pukul 2:20 WIB.
Wahyuni, I. P. (2020). Pengaruh Customer Satisfaction terhadap Brand Loyalty melalui Brand Love. Jurnal Ilmiah Mahasiwa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Vol 9 No 2, page 1-17.
Wardani, A. K., Wahyudi, H. D. (2021). Customer satisfaction sebagai mediasi pengaruh perceived value terhadap customer loyalty dalam pengguna OVO. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan, Vol 1 No 4, page 365-379.
Wijiyanti, M., Hamid, F. Z., dan Kurniawan, R. (2016). Pengaruh Brand Image Terhadap Proses Keputusan Pembelian Apple Iphone Pada Mahasiswa Administrasi Bsinis Politeknik Negeri Jakarta. Jurnal Epigram, Vol 13 No 1, page 65-72.
Ying-F. K., Chi-M. W. dan Wei-J. D. (2009). The relationships among service quality, perceived value, customer satisfaction, and post-purchase intention in mobile value-added services. Computers in Human Behavior, Vol 25 No 4, page 887-896.
Yudiadari, N. K. P., dan Agustina, M. D. P. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Unit Simpan – Pinjam Bumdes Dana Merta Desa Tangkup Kabupaten Karangasem. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Parwisata, Vol 1 No 1, page 216-232. Didapat dari https://doi.org/10.32795/widyaamrita.v1i1.1165
Ojek Online Terbaik & Populer di Indonesia 2022, (2022). https://www.gojeker.com/ojek-online-terbaik/, 14 April 2022, pukul 2:20.
DOI: https://doi.org/10.33508/jumma.v11i1.3884