Opini Publik Terhadap Penggunaan Social Media (Face book E1 00) Sebagai Media Konvergensi Radio Suara Surabaya

Camelia Ayu Rahmawati, Makdalena Fransilia, Yustiana Candrawati

Abstract


Abad ke-21 merupakan awal pesatnya perkembangan teknologi informasi terutama internet. Dalam kurun waktu yang relatif singkat internet mampu merubah segala aspek ekonomi, politik, sosial serta budaya. Hal inilah
yang kemudian turut merubah cara masyarakat mengonsumsi informasi. Di era yang serba digital dewasa ini, masyarakat menuntut informasi yang cepat, praktis, serta dapat diakses dengan mudah. Perubahan perilaku
konsumsi masyarakat ini perlahan membuat media konvensional melakukan digitalisasi. Media konvensional diantaranya televisi, koran serta radio mulai memanfaatkan internet untuk memenuhi kebutuhan ini. Pemanfaatan internet oleh media-media konvensional inilah yang disebut dengan konvergensi media. Salah satu contoh konvergensi dari media konvensional ialah Facebook E100 milik Radio Suara Surabaya. E100 dipilih karena paling ban yak mend a pat perhatian dengan jumlah netter sebanyak 139.003 orang melebihi twitter@SSFM1 00. Berdasarkan
fenomena tersebut, peneliti ingin mengetahui opini publikterhadap penggunaan social media (facebook e 1 00) sebagai konvergensi radio Suara Surabaya. Objek dalam penelitian ini 139.003 orang netter facebook E1 00 yang kemudian dipilih 100 orang menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif
dengan metode survey menggunakan kuesioner. Dari pengukuran terhadap tiga indikator, yakni kepercayaan, nilai, dan pengharapan, didapat has if yang menunjukkan opini positif sebesar 98 persen semen tara 2 persen lainnya netral.

Save to Mendeley


Keywords


konvergensi, media, radio

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33508/jk.v2i1.1681