Inplementasi Polya’s Model pada Problem Solving tentang Aplikasi Integral dalam Fisika

I Nyoman Arcana

Abstract


Inti materi Matakuliah Kalkulus II di Prodi Pendidikan Fisika
adalah Integral. Salah satu pokok bahasan pada matakuliah ini adalah
Aplikasi Integral dalam Fisika. Aplikasinya berupa penyelesaian
masalah (problem solving) dalam soal-soal fisika yang membutuhkan
integral. Selain membutuhkan pengetahuan integral, juga diperlukan
pemahaman tentang fisika, kemampuan membuat model matematika,
keterampilan matematis, dan kemampuan menginterprestasikan hasil
perhitungan. Jadi, soal-soal seperti ini sangat komplek dan tidak mudah,
akibatnya banyak mahasiswa yang tidak bisa menjawab dengan
sempurna. Penelitian ini bertujuan membuat buku ajar yang dapat
mempermudah mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal aplikasi
kalkulus dalam fisika. Alur berpikir dalam buku ini menginflementasikan
alur Polya’s Model, suatu model yang ditulis oleh George Polya, seorang
matematikawan terkemuka dalam bukunya How to solve it. Polya
menyarankan empat tahap dalam pemecahan masalah, yaitu:
understanding the problem, devising a plan, carrying out the plan, dan
looking back. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode penelitian Pengembangan dan Peningkatkan Kualitas
Pembelajaran (PPKP). Penelitian dilakukan di Prodi Pendidikan Fisika
FKIP Unika Widya Mandala Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa inplementasi Polya’s Model dalam bentuk baris-kolom (tabel)
antara tahap-tahap Polya dan contoh kasus dapat menuntun mahasiswa
mempermudah menyelesaikan masalah tentang aplikasi integral dalam
fisika

Save to Mendeley


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33508/mgs.v0i32.615