Penerapan Pembelajaran Konstruktivistik Melalui Teknik Picture and Picture untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kediri

Eunike Rose Mita Lukiani

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan pembelajaran Kontruktivistik Teknik Picture and Picture yang bertujuan untuk meningkatkan: 1)Motivasi belajar ekonomi, dan 2)Hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kediri. Pembelajaran Kontruktivistik Teknik Picture and Picture merupakan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student oriented), dengan siswa yang berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran, membangun dan memaknai sendiri pemahamannya.
Dari hasil analisis data diketahui bahwa motivasi belajar siswa dengan membandingkan hasil angket motivasi sebelum dan setelah menerapkan pembelajaran Kontruktivistik Teknik Picture and Picture meningkat sebesar 49,91%. Demikian pula dengan hasil belajar yang sebelum dilaksanakan pembelajaran Kontruktivistik Teknik Picture and Picture terdapat 50% dari jumlah keluruhan siswa memperoleh skor test di bawah 65 (kategori cukup) meningkat menjadi tidak ada siswa berada berada di kategori cukup. Sebesar 71% dari keseluruhan siswa berada di kategori baik sekali dan sisanya 29% berada di kategori baik. Saran dari peneliti untuk pengembangan penelitan ini yakni mengkaji pembelajaran Kontruktivistik Teknik Picture and Picture dalam meningkatkan kemapuan berpikir kritis siswa.

Save to Mendeley


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33508/mgs.v0i36.620