Eco_Product sebagai Wacana menuju Tindakan Nyata untuk Peduli pada Kelestarian Bumi

Tjondro Indrasutanto

Abstract


Pemanasan global (Global Warming) yang dialami oleh bumi
kita tampaknya sudah harus menjadi kesadaran setiap orang untuk
melakukan tindakan nyata sebagai kepedulian pada lingkungan untuk
menekan dampak pemanasan global tersebut. Di satu sisi manusia punya
andil atas kerusakan bumi, namun diharapkan di sisi lain manusia harus
mampu memberikan jalan keluar atas persoalan tersebut baik secara
individual, kelompok maupun para industriawan. Sebut saja Hari
Lingkungan Hidup Sedunia (World Environtment Day) yang secara rutin
diperingati setiap tanggal 5 Juni merupakan komitmen yang telah
disepakati bersama dan harus dilakukan tindakan nyata.
Dalam usaha untuk menunjang kelestarian lingkungan, dibutuhkan empat
strategi Eco-Positive yakni: Eco Positive Technology, Eco Positive
Products, Eco Positive Operations dan Eco Positive Relationships. Hasil
dari keempat strategi tersebut menghasilkan barang-barang Eco
Products yang proses produksinya pun ramah lingkungan.
Menekan emisi gas buang kendaraan bermotor merupakan salah satu
tindakan nyata yang telah dilakukan oleh industriawan kendaraan
bermotor yang menghasilkan fitur vvti, maupun teknologi cruise control.
Di lain pihak kontribusi setiap orang untuk penghematan energi dapat
diawali dari kebiasaan di rumah yang secara tak sadar telah melakukan
pemborosan energi, sampai mendesain rumah hemat energi serta
membeli perangkat elektronik dengan konsep eco-products.
Dengan diterapkannya FTA-ASEAN-China sejak 1 Januari 2010 harus
diwaspadai oleh para industriawan Indonesia untuk berbenah diri
melalui pengembangan riset agar kualitas produknya mampu bersaing di
kancah Internasional.

Save to Mendeley


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33508/mgs.v0i30.630