Rancang Bangun Pengaksesan Dan Pengendalian Jaringan Listrik Kelas Dengan RFID

Anthonius Romario Wahyu A.P.W, Peter Rhatodirdjo Angka, Lanny Agustine

Abstract


Pada saat ini efektivitas penggunaan ruang kelas di Fakultas Teknik (UKWMS) dengan masih seijin pimpinan Fakultas atau Jurusan dengan cara mengambil kunci di TU. Dengan kemajuan teknologi saat ini, maka pemanfatan teknologi perlu karena dapat mempermudah dan mempercepat pengaksesan ruangan, serta sistem kelistrikan secara otomatis.
Pada topik skripsi terdahulu sudah direalisasikan alat yang dapat melakukan proses pengendalian aliran listrik dalam ruangan. Sistem kontrolnya menggunakan ID yang akan dikirim ke intranet untuk mengetahui apakah ID sudah sesuai atau tidak saat ingin mengakses ruangan. Alat yang telah direalisasikan tersebut sangat bergantung pada server. Jika server mengalami request time out (koneksi intranet yang sangat lambat atau tidak ada koneksi) maka akan terjadi gangguan saat mengakses ruang kelas yang akan digunakan.
Oleh karena itu perlu dikembangkan sebuah alat agar sistem pengaksesan ruang serta pengontrolan kelistrikan tidak bergantung pada koneksi intranet. Dengan cara menggunakan RFID yang ditempelkan ke alat RFID Reader sehingga ID pada kartu terbaca.
Data dari pengujian alat berupa ruangan diakses pada saat Kartu RFID yang ditempelkan pada RFID reader. Saat RFID reader menerima ID yang diterima dari kartu ID maka dikirim ke mikrokontroler saat ID sesuai maka ruangan dapat diakses serta kelistrikan dapat menyala. Dari Pengujian yang dilakukan selama satu minggu didapatkan hasil 75 % dapat bekerja.

Save to Mendeley


Full Text:

PDF

References


Datasheet RFID RC522. https://www.fecegypt.com/uploads/dataSheet/1522237550_arduino%20uno%20r3.pdf. Diakses tanggal 17 januari 2019

Datasheet RFID RC522. Standard performance MIFARE and NTAG frontend. 2016. Product data sheet Company Public.

Datasheet Arduino Nano. https://www.arduino.cc/en/uploads/Main/ArduinoNanoManual23.pdf. Diakses tanggal 17 januari 2019.

Kushagra, 2012, “Teori LCD”, https://www.engineersgarage.com/electronic-components/16x2-lcd-module-datasheet, diakses tanggal 16 Mei 2018.

Datasheet SSR. DownloadsDocumentsSolidStateRelay_1785165_2.pdf. Diakses tanggal 17 januari 2019

Mon Kyaw, Aye Su, dkk. 2016. Implementation Of Student Safety System Using RFID. Departemen of Electronic Engineering. Mandalay Technological University

Hentrup, Austin, dkk. 2016. Wireless Authentication Of Smart Doors Using RFID. Los Angeles: Loyola Marymount University.

Datasheet https://www.arduino.cc/en/Main/ArduinoBoardUno. Diakses tanggal 17 januari 2019.

Alkhadashi, Mohamed, dkk. 2016. Network Connected RFID Security System. Wayne State University.




DOI: https://doi.org/10.33508/wt.v19i1.1914