PENGARUH INSTAGRAM SEBAGAI SOCIAL MEDIA ADVERTISING DAN CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN CUSTOMER TRUST SEBAGAI INTERVENING VARIABLE PADA PRODUK SKINCARE INNISFREE DI KOTA SURABAYA
Abstract
Save to Mendeley
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdilah, W., & Hartono. (2005). Partial Least Square (PLS). Yogyakarta: Penerbit Andi.
Akbar, M., & N, P. (2009). Impact og Service Quality, Trust and Customer Satisfaction on Customer Loyalty. ABAC Journal, Vol. 29. No 1.
Alim, A. S., & Budiarti, E. (2021). Peran Iklan Televisi dan Celebrity Endorsement Pond's Terhadap Purchase Intention. Jurnal Ekonomi Manajemen, 87.
Angelique, M., Utami, C. W., & Gosal , G. G. (2021). Pengaruh Online Review & Cus-tomer Experience Terhadap Brand Image & Purchase Intention di Painterest. PER-FORMA: Jurnal Manajemen dan Strat-Up Bisnis, 468- 469.
Anizir, & Wahyuni, R. (2017). Pengaruh So-cial Media Marketing Terhadap Brand Image Perguruan Tinggi Swasta di Kota Semarang. Seminar Nasional
Aprianty, R. D., & Basuki, K. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Ter-hadap Purchase Intention Melalui Cus-tomer Trust Pada Online Shop Fashion Wanita Di Media Sosial Instagram (Studi Pada Generasi Milenial Di DKI Jakarta). Media Studi Ekonomi, 9.
Artha Hapsari, K. S., & Ketut Warmika, I. G. (2021). Peran Customer Trust Memediasi Pengaruh Customer Experience Terhadap Positive Word Of Mouth (Studi Pada Cat Cafe Sanur). E-Jurnal Manajemen, 1080.
Baabdullah , A., Alalwan, A., Rana, N., Ki-zgin, H., & Patil, P. (2019). Consumer Use of Mobile Banking (M-Banking) in Saudi Arabia: Towards an Integrated Model. In-ternational Journal of Infotmation Man-agement, Vol. 44, pp. 38-52.
Banjarnahor, J. (2017). Antensenden Custom-er Satisfaction dan Dampaknya Pada Purchase Intention. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, 146.
Barnes, & James, G. (2003). Estabilishing Meaningful Customer Relationship: Why Some Companies and Brands Mean More to Their Customers, Managing Service Quality, Vol. 13 No. 3, pp. 178-186.
Bilqis, L. D., Irfal, & Milka, T. S. (2021). Pengaruh Kinerja Receptionist dan Ke-percayaan Pelanggan Terhadap Kesetiaan Pelanggan di The Sultan Hotel & Resi-dence Jakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen Vol. 5, No. 1, 49.
Bismo, A., & Gunawan, Y. (2019). Pengaruh Product dan Service Quality Pada Cus-tomer Trust dan Dampaknya Terhadap Purchase Intention Studi Kasus: PT. In-dotehnik Cipta Sembada. Buletin Ekonomi, 186.
Brakus, J., Schmitt, B., & Zarantonello, L. (2009). Brand Experience: What is it? How is it Measured? Does it Affect Loyal-ty? Journal of Markerting, 73(3), pp: 52-68.
Chen, I., H, C., Yang, & G, C. (2004). Evalua-tion of Total Antioxidant Activity of Sev-eral Popular Vegetables and Chinese Herbs: A Fast Approach with ABTS / H 2 O 2/ HRP System in Microplates. Journal Food and Drug
Analysis, 12(1), 29-33.
Durianto, D., Sugiarto, & Sitinjak, T. (2001). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia.
Eliasari, P. R., & Sukaatmadja, I. P. (2017). Pengaruh Brand Awarness Terhadap Purchase Intention Dimediasi Oleh Per-ceived Quality dan Brand Loyalty. E-Jurnal Manajemen Unud, 6623.
Faresha, K. (2020). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Purchase Intention yang Di Mediasi Oleh Variabel Brand Im-age pada Situs Travel Online Traveloka (Studi Pada Pengguna di Kota Malang). Jurnal Pemasaran, 2(4), 1-10.
Felita, C. I., & Japarianto, S.E., M.M, E. (2015). Analisa Pengaruh Customer Expe-rience Terhadap Customer Loyalty Dengan Customer Engagement dan Cus-tomer Trust Sebagai Variabel Intervening Di The Body Shop. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2-4.
Ferdinand, A. (2002). Pengembangan Minat Beli Merek Eksistensi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ferrinadewi, & Erna. (2008). Merek dan Psikologi Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Gendai, Y. D., & Furkan, L. M. (2020). Pengaruh Informartiveness, Entertaiment, dan Irritating Terhadap Attitude Toward Social Media Advertising Pada Masyara-kat Kota Mataram. Jurnal Magister Mana-jemen UNRAM, 188- 189.
Gesitera, G. (2020). Pengaruh Online Custom-er Review Terhadap Purchase Intention Dengan Trust Sebagai Intervening Pada Toko Online Bukalapak Di Kota Padang. 9(2), 173-194.
Gozali, I., & Latan, H. (2012). Partial Least Square: Konsep, Teknik dan Aplikasi SmartPLS 2.0 M3. Semarang: Badan Pen-erbit Universitas Diponegoro.
Hair, et all. (1998). Multivariate Data Analy-sis. New Jersey: Upper Saddle River.
Hair, J. F., Black, B., Babin, B., Anderson, R. E., & Tatham, R. L. (2006).
Multivariate Data Analysis (6th ed.). Upper Saddle River, 741.
Hartawan, E., Liu, D., Handoko, M. R., Evan, G., & Widjojo, H. (2021). Pengaruh Iklan Di Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada E- Com-merce. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi, 224.
Himawati, D., & Firdaus, M. F. (2021). Pengaruh Word Of Mouth dan Manfaat-Terhadap Keputusan Menggunakan E-Wallet Dana Melalui Kepercayaan Pelanggan di Jabodetabek. Jurnal Inivasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Volume 04, Nomor 03, 427.
Husnain, M., Qureshi, I., Fatima, T., & Akh-tar, W. (2016). The Impact of Electronic Word of Mouth on Online Impulse Buying Behaviour: The Moderating Role of Big 5 Personality Traits. J Account Mark, 5(190), 1- 10.
Ihtifahudin, A. N. (2022). Pemanfaatan Me-dia Social Instagram Sebagai Social Media Marketing Pada Sanggar Seni Pelangi En-tertaiment. Jurnal Seni dan Desain, 3.
Juliana, K. (2020). Prediksi Kualitas Pela-yanan dan Kepercayaan Terhadap Loyal-itas Pelanggan: Kepuasan Pelanggan Se-bagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(1), 110-121.
Keni, K., & Sandra, K. K. (2021). Prediksi Customer Experience dan Service Quality Terhadap Customer Loyalty: Customer Satisfaction Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol. 5, No. 1, 193.
Khan, G. (2017). Social Media for Goverment: A Practical Guide to Understanding, Im-plementing and Managing Social Media Tools in the Public Sphere. New Zealand: Springer International Publishing.
Kotler, & Philip. (2005). Manajemen Pemasa-ran. Terjemahan oleh Benyamin Molan. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). "Prinsip-Prinsip Pemasaran" . Edisi 12, Jilid 1, Ja-karta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing Management (15th ed). New Jearsey: Pearson Education.
Kristanti, M. M. (2021). Analisis Pengaruh Digital Marketing, Online Customer Expe-rience Quality, E-Servqual, Terhadap Online Customer Trust, Online Customer Review Rating, dan Online Customer Loyalty UMKM Indonesia Masa Pandemi COVID-19. Widyagama National Confer-ence on Economics and Business, 900.
Lemke, F., Wilson, H., & Clark, M. (2006). What Makes a Great Customer Experi-ence. Cranfield Customer Management Forum.Lemke, F., Wilson, H., & Clark, M. (2006). What Makes a Great Customer Experience. Cranfield Customer Man-agement Forum.
Lemon, Katherine, N., & Florian, V. W. (2009). The Reinforcing Effect of Loyalty Program Partnership and Core Service Usage: A Longitudial Analysis. Journal of Service Research, 357-70.
Lestariningsih, T., Handayani, E., & Astuti, R. (2018). Study of Service Quality and Pa-tient Satisfaction to Trust and Loyalty in Public Hospital Indonesia. International Journal of Bussines Marketing and Man-agement, Volume 3, Number 2, Page 1-12.
McColl-Kennedy, Janet, R., Anders , G., Elina, J., Phil, K., Zoe, R., . . .
Margareta, F. (2015). Fresh Perspective on Customer Experience. Journal of Service Marketing, 430-435.
Norhermaya, Yashinta , A., Soesanto, & Har-ry. (2016). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang (Studi Kasus Online Store Lazada.co.id). Undergraduate The-sis, Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Panggalih, R. G., & Zaki, B. (2013). Minat In-dividu Terhadap Penggunaan Internet Banking: Pendekatan Modified Theory of Planned Behaviour. Jurnal Manajemen Pemasaran Universitas Brawijaya, Vol 1 (2): Hal. 1-20.
Pasaribu, L., & Purba, K. (2020). The Influ-ence of Trust on The Online Purchase De-cisions With Buying Interest on The Social Networking Site Instagram: Case Study of Online Shop Users on Instagram. Reasearch, Society and Development, Vol 9, No 10, 1-20.
Peter Paul , J., & Olson Jerry, C. (2002). Con-sumer Behaviour and Marketing Strategy, Sixthedition. New York: Mc Graw-Hill Companies.
Pramita, P. (2019). Pengaruh Pengalaman Pelanggan, Kualitas Layanan dan Ke-percayaan Pelanggan Terhadap Kesedi-aan Untuk Membayar. Jurnal Bisnis, Ma-najemen dan Informatika, 247.
Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuanti-tatif. Surabaya: Zifatama Publishing.
R. R., & Nabilla, S. F. (2022). Pengaruh Social Media Advertising dan Event Marketing Terhadap Brand Awarness dan Dampak-ny pada Purchase Intention Produk Tenue de Attire. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 432.
Rahmawati, N., Ramdan, A., & Samsudin, A. (2019). Analisis Nilai Pelanggan dan Pen-galaman Pelanggan terhadap Ke-percayaan Pelanggan Wisata Kuliner Selamat Toserba Sukabumi. JOMB: Jour-nal of Management and Bussines, 1(1), 109-119.
Rahmawati, P. (2015). Pengaruh Variasi Produk, Harga, dan Customer Experience Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Roti Breadtalk Yogyakarta. Jurnal Ilmu Manajemen, Volume 12, Nomor 1, 90.
Ribbink, D., Riel, A. C., Liljander, V., & Streukens, S. (2014). Comfort Your Online Customer: Quality, Trust, and Loyalty on the Internet. Managing Service Quality: An International Journal, 14(6), 446-456.
Rose, Susan, Neil, H., & Moira, C. (2011). Online Customer Experience: A Review of the Bussniess-to-Consumer Online Pur-chase Context. International Journal of Management Reviews, 13 (1), 24-39.
Sandi, B. (2017). Pengaruh E-Wom dan Cutomer Experience Terhadap Kepuasan Pembelian Produk Pakaian di Situs Jual Beli Online Tokopedia. Management and Business Review, 106-115.
Schiffman, & Kanuk. (2010). Consumer Be-haviour. New York: Prentice Hall Interna-tional, Inc.
Setiobudi, A., Sudyasjayanti, C., & Dan-arkusuma, A. A. (2021). Pengaruh Pen-galaman Pelanggan, Kualitas Layanan dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Kesediaan Untuk Membayar. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika Vol. 17, No. 3, 240-241.
Sugara, A., & Dewantara, R. (2017). Analisis Kpercayaan dan Kepuasan Terhadap Penggunaan Sistem Transaksi Jual Beli Online (Studi Pada Konsumen "Z"). Jurnal Administrasi Bisnis, 52(1), 8-15.
Sugiyono. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sumaa, S., Soegoto, A. S., & Samadi, R. L. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Iklan Media Sosial Terhadap Minat Beli Di E-Commerce Shopee (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado). Jurnal EMBA, 306.
Suprapti, N. S. (2010). Prilaku Konsumen, Pemahaman Dasar dan Aplikasinya Da-lam Strategi Pemasaran. Bali: Udayana University Press.
Suprapto, W., & Bendjeroua, H. (2020). Social Media Advertising and Consumer Percep-tion on Purchase Intention. SHS Web of Conferences.
Suprapto, W., Hartono, K., & Bendjeroua, H. (2020). Iklan Media Sosial dan Konsumen Persepsi Tentang Niat Beli. Web Konfer-ensi SHHS, 6-7.
Syahputra, D., & Murwatiningsih, M. (2019). Building Customer Engagement throught Customer Experience, Customer Trust, and Customer Satisfaction in Kaligung Train Customers. Management Analysis Journal, 8(4), 350- 359.
Tjiptono, & Fandy. (2003). Strategi Pemasaran edisi 2. Yogyakarta: Andi. Verhoef, P., Reinartz, W., & Krafft, M. (2010). Cus-tomer Engagement as A New Perspective in Customer Management. Journal of Ser-vice Research.
Wardhana, E. (2019). Pengaruh Nilai Utilitar-ian, Nilai Hedonis, Pengalaman Pelang-gan, Kepercayaan Merek Terhadap Loyal-itas Pelanggan Sonny Vaio. Jurnal Ekonomi dan Industri, (2).
Wibowo, A., Chen, S. C., Wiangin, U., Ma, Y., & Ruangkanjanases, A. (2020). Customer Behaviour as an Outcome of Social Media Marketing: The Role of Social Media Mar-keting Activity and Customer Experience. Sustainability, 3.
Widjojo, d. (2017). Sari-Sari Pemasaran & Ap-likasinya Di Dunia Bisnis. Jakarta: Praset-ya Mulya Publishing.
Widyatama, R. (2005). Pengantar Periklanan. Jakarta: Buana Pustaka Indonesia. Wiyata, M. T., Putri, E. P., & Gunawan, C. (2020). Pengaruh Customer Experi-ence, Easy Of Use, dan Customer Trust Terhadap Purchase Intention Konsumen Situs Jual Beli Online Shopee Di Kalangan Mahasiswa Kota Sukabumi. CAKRAWA-LA, 12-13.
Yohanes, E., Ellitan, L., & Junaedi, C. M. (2021). The Effect Of Endorsers and Social Media Advertising On Consumer Pur-chase Decisions Of Instagram Social Me-dia Users With Brand Awarness As A Mediating Variable. Journal of Entrepre-neurship & Bussines, 77.
DOI: https://doi.org/10.33508/jumma.v11i2.4379