PENGARUH INSTAGRAM SEBAGAI SOCIAL MEDIA ADVERTISING DAN CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN CUSTOMER TRUST SEBAGAI INTERVENING VARIABLE PADA PRODUK SKINCARE INNISFREE DI KOTA SURABAYA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdilah, W., & Hartono. (2005). Partial Least Square (PLS). Yogyakarta: Penerbit Andi.
Akbar, M., & N, P. (2009). Impact og Service Quality, Trust and Customer Satisfaction on Customer Loyalty. ABAC Journal, Vol. 29. No 1.
Alim, A. S., & Budiarti, E. (2021). Peran Iklan Televisi dan Celebrity Endorsement Pond's Terhadap Purchase Intention. Jurnal Ekonomi Manajemen, 87.
Angelique, M., Utami, C. W., & Gosal , G. G. (2021). Pengaruh Online Review & Cus-tomer Experience Terhadap Brand Image & Purchase Intention di Painterest. PER-FORMA: Jurnal Manajemen dan Strat-Up Bisnis, 468- 469.
Anizir, & Wahyuni, R. (2017). Pengaruh So-cial Media Marketing Terhadap Brand Image Perguruan Tinggi Swasta di Kota Semarang. Seminar Nasional
Aprianty, R. D., & Basuki, K. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Ter-hadap Purchase Intention Melalui Cus-tomer Trust Pada Online Shop Fashion Wanita Di Media Sosial Instagram (Studi Pada Generasi Milenial Di DKI Jakarta). Media Studi Ekonomi, 9.
Artha Hapsari, K. S., & Ketut Warmika, I. G. (2021). Peran Customer Trust Memediasi Pengaruh Customer Experience Terhadap Positive Word Of Mouth (Studi Pada Cat Cafe Sanur). E-Jurnal Manajemen, 1080.
Baabdullah , A., Alalwan, A., Rana, N., Ki-zgin, H., & Patil, P. (2019). Consumer Use of Mobile Banking (M-Banking) in Saudi Arabia: Towards an Integrated Model. In-ternational Journal of Infotmation Man-agement, Vol. 44, pp. 38-52.
Banjarnahor, J. (2017). Antensenden Custom-er Satisfaction dan Dampaknya Pada Purchase Intention. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, 146.
Barnes, & James, G. (2003). Estabilishing Meaningful Customer Relationship: Why Some Companies and Brands Mean More to Their Customers, Managing Service Quality, Vol. 13 No. 3, pp. 178-186.
Bilqis, L. D., Irfal, & Milka, T. S. (2021). Pengaruh Kinerja Receptionist dan Ke-percayaan Pelanggan Terhadap Kesetiaan Pelanggan di The Sultan Hotel & Resi-dence Jakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen Vol. 5, No. 1, 49.
Bismo, A., & Gunawan, Y. (2019). Pengaruh Product dan Service Quality Pada Cus-tomer Trust dan Dampaknya Terhadap Purchase Intention Studi Kasus: PT. In-dotehnik Cipta Sembada. Buletin Ekonomi, 186.
Brakus, J., Schmitt, B., & Zarantonello, L. (2009). Brand Experience: What is it? How is it Measured? Does it Affect Loyal-ty? Journal of Markerting, 73(3), pp: 52-68.
Chen, I., H, C., Yang, & G, C. (2004). Evalua-tion of Total Antioxidant Activity of Sev-eral Popular Vegetables and Chinese Herbs: A Fast Approach with ABTS / H 2 O 2/ HRP System in Microplates. Journal Food and Drug
Analysis, 12(1), 29-33.
Durianto, D., Sugiarto, & Sitinjak, T. (2001). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia.
Eliasari, P. R., & Sukaatmadja, I. P. (2017). Pengaruh Brand Awarness Terhadap Purchase Intention Dimediasi Oleh Per-ceived Quality dan Brand Loyalty. E-Jurnal Manajemen Unud, 6623.
Faresha, K. (2020). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Purchase Intention yang Di Mediasi Oleh Variabel Brand Im-age pada Situs Travel Online Traveloka (Studi Pada Pengguna di Kota Malang). Jurnal Pemasaran, 2(4), 1-10.
Felita, C. I., & Japarianto, S.E., M.M, E. (2015). Analisa Pengaruh Customer Expe-rience Terhadap Customer Loyalty Dengan Customer Engagement dan Cus-tomer Trust Sebagai Variabel Intervening Di The Body Shop. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2-4.
Ferdinand, A. (2002). Pengembangan Minat Beli Merek Eksistensi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ferrinadewi, & Erna. (2008). Merek dan Psikologi Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Gendai, Y. D., & Furkan, L. M. (2020). Pengaruh Informartiveness, Entertaiment, dan Irritating Terhadap Attitude Toward Social Media Advertising Pada Masyara-kat Kota Mataram. Jurnal Magister Mana-jemen UNRAM, 188- 189.
Gesitera, G. (2020). Pengaruh Online Custom-er Review Terhadap Purchase Intention Dengan Trust Sebagai Intervening Pada Toko Online Bukalapak Di Kota Padang. 9(2), 173-194.
Gozali, I., & Latan, H. (2012). Partial Least Square: Konsep, Teknik dan Aplikasi SmartPLS 2.0 M3. Semarang: Badan Pen-erbit Universitas Diponegoro.
Hair, et all. (1998). Multivariate Data Analy-sis. New Jersey: Upper Saddle River.
Hair, J. F., Black, B., Babin, B., Anderson, R. E., & Tatham, R. L. (2006).
Multivariate Data Analysis (6th ed.). Upper Saddle River, 741.
Hartawan, E., Liu, D., Handoko, M. R., Evan, G., & Widjojo, H. (2021). Pengaruh Iklan Di Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada E- Com-merce. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi, 224.
Himawati, D., & Firdaus, M. F. (2021). Pengaruh Word Of Mouth dan Manfaat-Terhadap Keputusan Menggunakan E-Wallet Dana Melalui Kepercayaan Pelanggan di Jabodetabek. Jurnal Inivasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Volume 04, Nomor 03, 427.
Husnain, M., Qureshi, I., Fatima, T., & Akh-tar, W. (2016). The Impact of Electronic Word of Mouth on Online Impulse Buying Behaviour: The Moderating Role of Big 5 Personality Traits. J Account Mark, 5(190), 1- 10.
Ihtifahudin, A. N. (2022). Pemanfaatan Me-dia Social Instagram Sebagai Social Media Marketing Pada Sanggar Seni Pelangi En-tertaiment. Jurnal Seni dan Desain, 3.
Juliana, K. (2020). Prediksi Kualitas Pela-yanan dan Kepercayaan Terhadap Loyal-itas Pelanggan: Kepuasan Pelanggan Se-bagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(1), 110-121.
Keni, K., & Sandra, K. K. (2021). Prediksi Customer Experience dan Service Quality Terhadap Customer Loyalty: Customer Satisfaction Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol. 5, No. 1, 193.
Khan, G. (2017). Social Media for Goverment: A Practical Guide to Understanding, Im-plementing and Managing Social Media Tools in the Public Sphere. New Zealand: Springer International Publishing.
Kotler, & Philip. (2005). Manajemen Pemasa-ran. Terjemahan oleh Benyamin Molan. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). "Prinsip-Prinsip Pemasaran" . Edisi 12, Jilid 1, Ja-karta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing Management (15th ed). New Jearsey: Pearson Education.
Kristanti, M. M. (2021). Analisis Pengaruh Digital Marketing, Online Customer Expe-rience Quality, E-Servqual, Terhadap Online Customer Trust, Online Customer Review Rating, dan Online Customer Loyalty UMKM Indonesia Masa Pandemi COVID-19. Widyagama National Confer-ence on Economics and Business, 900.
Lemke, F., Wilson, H., & Clark, M. (2006). What Makes a Great Customer Experi-ence. Cranfield Customer Management Forum.Lemke, F., Wilson, H., & Clark, M. (2006). What Makes a Great Customer Experience. Cranfield Customer Man-agement Forum.
Lemon, Katherine, N., & Florian, V. W. (2009). The Reinforcing Effect of Loyalty Program Partnership and Core Service Usage: A Longitudial Analysis. Journal of Service Research, 357-70.
Lestariningsih, T., Handayani, E., & Astuti, R. (2018). Study of Service Quality and Pa-tient Satisfaction to Trust and Loyalty in Public Hospital Indonesia. International Journal of Bussines Marketing and Man-agement, Volume 3, Number 2, Page 1-12.
McColl-Kennedy, Janet, R., Anders , G., Elina, J., Phil, K., Zoe, R., . . .
Margareta, F. (2015). Fresh Perspective on Customer Experience. Journal of Service Marketing, 430-435.
Norhermaya, Yashinta , A., Soesanto, & Har-ry. (2016). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang (Studi Kasus Online Store Lazada.co.id). Undergraduate The-sis, Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Panggalih, R. G., & Zaki, B. (2013). Minat In-dividu Terhadap Penggunaan Internet Banking: Pendekatan Modified Theory of Planned Behaviour. Jurnal Manajemen Pemasaran Universitas Brawijaya, Vol 1 (2): Hal. 1-20.
Pasaribu, L., & Purba, K. (2020). The Influ-ence of Trust on The Online Purchase De-cisions With Buying Interest on The Social Networking Site Instagram: Case Study of Online Shop Users on Instagram. Reasearch, Society and Development, Vol 9, No 10, 1-20.
Peter Paul , J., & Olson Jerry, C. (2002). Con-sumer Behaviour and Marketing Strategy, Sixthedition. New York: Mc Graw-Hill Companies.
Pramita, P. (2019). Pengaruh Pengalaman Pelanggan, Kualitas Layanan dan Ke-percayaan Pelanggan Terhadap Kesedi-aan Untuk Membayar. Jurnal Bisnis, Ma-najemen dan Informatika, 247.
Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuanti-tatif. Surabaya: Zifatama Publishing.
R. R., & Nabilla, S. F. (2022). Pengaruh Social Media Advertising dan Event Marketing Terhadap Brand Awarness dan Dampak-ny pada Purchase Intention Produk Tenue de Attire. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 432.
Rahmawati, N., Ramdan, A., & Samsudin, A. (2019). Analisis Nilai Pelanggan dan Pen-galaman Pelanggan terhadap Ke-percayaan Pelanggan Wisata Kuliner Selamat Toserba Sukabumi. JOMB: Jour-nal of Management and Bussines, 1(1), 109-119.
Rahmawati, P. (2015). Pengaruh Variasi Produk, Harga, dan Customer Experience Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Roti Breadtalk Yogyakarta. Jurnal Ilmu Manajemen, Volume 12, Nomor 1, 90.
Ribbink, D., Riel, A. C., Liljander, V., & Streukens, S. (2014). Comfort Your Online Customer: Quality, Trust, and Loyalty on the Internet. Managing Service Quality: An International Journal, 14(6), 446-456.
Rose, Susan, Neil, H., & Moira, C. (2011). Online Customer Experience: A Review of the Bussniess-to-Consumer Online Pur-chase Context. International Journal of Management Reviews, 13 (1), 24-39.
Sandi, B. (2017). Pengaruh E-Wom dan Cutomer Experience Terhadap Kepuasan Pembelian Produk Pakaian di Situs Jual Beli Online Tokopedia. Management and Business Review, 106-115.
Schiffman, & Kanuk. (2010). Consumer Be-haviour. New York: Prentice Hall Interna-tional, Inc.
Setiobudi, A., Sudyasjayanti, C., & Dan-arkusuma, A. A. (2021). Pengaruh Pen-galaman Pelanggan, Kualitas Layanan dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Kesediaan Untuk Membayar. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika Vol. 17, No. 3, 240-241.
Sugara, A., & Dewantara, R. (2017). Analisis Kpercayaan dan Kepuasan Terhadap Penggunaan Sistem Transaksi Jual Beli Online (Studi Pada Konsumen "Z"). Jurnal Administrasi Bisnis, 52(1), 8-15.
Sugiyono. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sumaa, S., Soegoto, A. S., & Samadi, R. L. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Iklan Media Sosial Terhadap Minat Beli Di E-Commerce Shopee (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado). Jurnal EMBA, 306.
Suprapti, N. S. (2010). Prilaku Konsumen, Pemahaman Dasar dan Aplikasinya Da-lam Strategi Pemasaran. Bali: Udayana University Press.
Suprapto, W., & Bendjeroua, H. (2020). Social Media Advertising and Consumer Percep-tion on Purchase Intention. SHS Web of Conferences.
Suprapto, W., Hartono, K., & Bendjeroua, H. (2020). Iklan Media Sosial dan Konsumen Persepsi Tentang Niat Beli. Web Konfer-ensi SHHS, 6-7.
Syahputra, D., & Murwatiningsih, M. (2019). Building Customer Engagement throught Customer Experience, Customer Trust, and Customer Satisfaction in Kaligung Train Customers. Management Analysis Journal, 8(4), 350- 359.
Tjiptono, & Fandy. (2003). Strategi Pemasaran edisi 2. Yogyakarta: Andi. Verhoef, P., Reinartz, W., & Krafft, M. (2010). Cus-tomer Engagement as A New Perspective in Customer Management. Journal of Ser-vice Research.
Wardhana, E. (2019). Pengaruh Nilai Utilitar-ian, Nilai Hedonis, Pengalaman Pelang-gan, Kepercayaan Merek Terhadap Loyal-itas Pelanggan Sonny Vaio. Jurnal Ekonomi dan Industri, (2).
Wibowo, A., Chen, S. C., Wiangin, U., Ma, Y., & Ruangkanjanases, A. (2020). Customer Behaviour as an Outcome of Social Media Marketing: The Role of Social Media Mar-keting Activity and Customer Experience. Sustainability, 3.
Widjojo, d. (2017). Sari-Sari Pemasaran & Ap-likasinya Di Dunia Bisnis. Jakarta: Praset-ya Mulya Publishing.
Widyatama, R. (2005). Pengantar Periklanan. Jakarta: Buana Pustaka Indonesia. Wiyata, M. T., Putri, E. P., & Gunawan, C. (2020). Pengaruh Customer Experi-ence, Easy Of Use, dan Customer Trust Terhadap Purchase Intention Konsumen Situs Jual Beli Online Shopee Di Kalangan Mahasiswa Kota Sukabumi. CAKRAWA-LA, 12-13.
Yohanes, E., Ellitan, L., & Junaedi, C. M. (2021). The Effect Of Endorsers and Social Media Advertising On Consumer Pur-chase Decisions Of Instagram Social Me-dia Users With Brand Awarness As A Mediating Variable. Journal of Entrepre-neurship & Bussines, 77.
DOI: https://doi.org/10.33508/jumma.v11i2.4379
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.