SOCIAL MEDIA MARKETING, PRODUCT QUALITY: MEDIASI ELECTRONIC WORD OF MOUTH BUYING DECISION WIZZMIE
Abstract
ABSTRACT
The phenomenon that occurs with the development of new technology, is where marketers are able to market their products in a unique way so that consumers can be interested more. With the development of increasingly sophisticated technology, various kinds of marketing have also begun to appear, especially social media marketing where business people can take advantage of this marketing strategy opportunity to create maximum product quality so that customers can share their experiences with others by word of mouth. Almost all businesses use various marketing methods, but there is something unique about the food business, namely Wizzmie. Wizzmie markets their food through social media such as tiktok. That’s the way business people do this can help sell their products and can also help make their products famous. This study aims to analyze the effect of Social Media Marketing and Product Quality on Purchasing Decisions through Electronic Word of Mouth. The sampling technique uses non-probability sampling with purposive sampling. The sample used was 160 respondents. Data collection tool used is a questionnaire. The data analysis technique used is Partial Least Square with the SmartPLS 3.0 application program. The results of this study indicate that Social Media Marketing and Product Quality have a positive and significant effect on Purchasing Decisions through Electronic Word of Mouth
ABSTRAK
Fenomena yang terjadi dengan adanya perkembangan teknologi bisnis adalah pemasaran produk dengan cara yang unik agar konsumen tertarik. Dengan adanya perkembangan tekonolgi yang semakin canggih, social media marketing bermanfaat untuk meraih peluang dengan mengkomunikasikan kualitas produk yang maksimal, sehingga pelanggan menceritakan pengalaman mereka kepada orang lain dari mulut ke mulut. Semua bisnis hampir menggunakan berbagai cara pemasaran, namun keunikan bisnis makanan Wizzmie memasarkan makanan mereka melalui social media seperti tiktok. Hal ini dapat membantu penjualan, dan mempopulerkan produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Social Media Marketing dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Electronic Word of Mouth. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 160 responden. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square dengan aplikasi program SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Social Media Marketing dan kualitas produk berpengaruh positif serta signifikan terhadap Keputusan Pembelian melalui Electronic Word of Mouth.Save to Mendeley
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
REFERENCES
Alverina, D., & Syarif, R. (2023). Pengaruh Citra Merek, Gaya Hidup, Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Brand Sancraft Di Jakarta. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA
Astaki, Putri Prameswari Dinda Putu Ni., & Purnami, Made N. (2019). Peran Word Of Mouth Memediasi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. E-Jurnal Manajemen UniversitasUdayana,8(9),5442. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i09.p05
Azahra, F., & Hadita. (2023). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Variabel Intervening Minat Beli Kfc Golden City Bekasi Di Sosial Media Instagram.
Bali, Yanti A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.56248/jamane.v1i1.7
Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran). 3(1), 2022. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1
Ghozali, L., & Latan, H. (2021). Partial Least Square : Konsep, Teknik dan Aplikasi SmartPLS 2.0 M3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hutajulu, Tamaro E., Pardosi, M., & Siagian, N. (2022). Pengaruh Sosial Media Marketing Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Maybelinne Pada Mahasiswi Universitas Hkbp Nommensen Medan. Dalam Jurnal Bisnis Corporate (Vol. 7, Nomor 2).
Iksyanti, Zieza D., & Hidayat, Maolana A. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Melalui Electronic Word Of Mouthpada Platform Tiktokterhadap Keputusan Pembelian Di Shopee.
Indonesia Fullstop. (2022). Membangun Brand Wizzmie: Dari Nol Sampai Viral. Didapat dari https://www.fullstopindonesia.com/blog/item/315/Membangun-Brand-Wizzmie-Dari-Nol-Sampai-Viral, 21 Februari 2023, pukul 19:00 WIB
Lesmana, N., Masnita, Y., & Kurniawati. (2023). Peran Mediasi Electronic Word Of Mouth Dan Brand Experience Pada Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Equity. Jurnal Administrasi Bisnis, 12(1), 31–42. https://doi.org/10.14710/jab.v12i1.47975
Lestari Puji. D., & Widjanarko, W. (2023). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan E-Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Jiniso.Id Di Marketplace Shopee. 2(3).
Maisyarah, Laila Adinda., & Wulandari, Astri. (2022). Analisis Pengembangan Konten Social Media Marketing Pada Facebook Plasa Telkom Solok Tahun 2022 Analysis of Social Media Marketing Content Development on Facebook Plasa Telkom Solok in 2022.
Maryati, & Khoiri, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Time Universe Studio.
Narottama, N., & Moniaga, Putri Erinda N. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Destinasi Wisata Kuliner Di Kota Denpasar. Dalam JUMPA (Vol. 8, Nomor 2). https://datareportal.com/reports/digital-2021-global-overview-report
Oktaviani Rizky, B., & Estaswara, H. (2022). Pengaruh Electornic Word Of Mouth (eWOM) di Media Sosial Twitter @avoskinbeuaty Terhadap Keputusan Pembelian Avoskin. Dalam Jurnal Publish (Vol. 10, Nomor 1).
Olivia, Dian Y., & Syarif, M. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) di Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kangen Seblak Bojonegoro. Jurnal Kajian Ilmu Manajemen, 2(4), 436–444. https://journal.trunojoyo.ac.id/jkim
Pratiwi, Nanda, A. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Trail Di CV. Greentech Kawasaki Cabang Bangun Jaya. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 04(02).
Pertiwi, Saka Agustarinda Bougi., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Strategi Green Marketing Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Kaos Lokal Kerjodalu Raya Sulistyowati 2). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9.
Setiyadi Nur, I., Alamsyah Rahman, A., & Rachmawati Kusdyah, I. (2022). Maker: Jurnal Manajemen Pengaruh Kualitas Produk, Social Media Marketing, E-Wom, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Skincare Alzena Di Kabupaten Pati. http://www.maker.ac.id/index.php/maker
Safirin, Tutuk M., Sari Novita, R., Winursito Condro, Y., & Islami P.A Cattleya, M. Studi Teknik Industri, P., Teknik Universitas Pembangunan Nasional, F., & Timur Jl Rungkut Madya Surabaya, J. (2022). Seminar Nasional Teknik Industri Waluyo Jatmiko 2022 Program Studi Teknik Industri-Fakultas Teknik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.
Saputri, Aprilia S., & Novitaningtyas, I. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Review Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik.
Sondyarini, S., & Idris. (2021). Pengaruh Source Expertise Dan Source Trustworthiness Terhadap Repurchase Intention Melalui Ewom Credibility Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Produk Kosmetik Mustika Ratu Dengan Puteri Indonesia Sebagai Brand Ambassador). DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 10(3). http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharyanto, & Rahman, Riyadi N. (2022). Pengaruh Word Of Mouth Elektronik Dan Sosial Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Produk Proyek Miliarder Melalui Produk Kualitas.
Suriana, Rahmawati, & Ekawati, D. (2022). Partial Least Square-Structural Equation Modeling Pada Tingkat Kepuasan Dan Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Online. SAINTIFIK, 8(1), 10–19. https://doi.org/10.31605/saintifik.v8i1.362
Tania, Chandra Wayan N., Aggraini Nita Putu, N., & Ribek, Ketut P. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ilsproject Dan Little Mango Store Denpasar.
Veronika, & Nainggolan, Putri N. (2022). Pengaruh Promosi,Atribut Produk, Dan Loyalitas Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia.
Wiska, M., Resty, F., & Fitriani, H. (2022). Analisis Content Marketing Dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom ) Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z Pada Media Sosial Tik-Tok (Studi Kasus Generasi Z Kabupaten Dharmasraya) (Vol. 6). http://jurnal.ustjogja.ac.id
Wijaya, Satria Ngurah Gusti I., Pratami Ayu Cahya Wayan, N., & Yasa Dharmadi Gede, I. (2022). Keputusan Pembelian E-Commerce Selama Pandemi: Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Harga, Dan Sikap Konsumen. Online) JURNAL MANAJEMEN, 14(1), 2022–2048. https://doi.org/10.29264/jmmn.v14i1.10993
Yunikartika, L., & Harti. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Minat Beli Kuliner Melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening Pada Akun Instagram @carubanmangan. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 6(1), 212–230. https://doi.org/10.37339/e-bis.v6i1.897
DOI: https://doi.org/10.33508/jumma.v13i2.6204