Pembuatan Simulasi Eksperimen Berbasis Komputer dengan memanfaatkan Tabung Geiger Muller dan Ratemeter sebagai Media Pembelajaran Praktikum Fisika Modern di SMA

Herwinarso, Anthony Wijaya Elfrida, Anita Moy

Abstract


Teori dan eksperimen merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan pada proses pembelajaran Fisika. Banyak sekali teori yang dibangun berdasarkan hasil eksperimen, dan tidak sedikit pula teori fisika yang harus digagalkan karena ketidak sesuaian dengan hasil eksperimen. Pada proses pembelajaran Fisika di SMA, tidak sedikit terdengar keluhan dari siswa bahwa Fisika merupakan pelajaran yang penuh rumus, sulit dimengerti dan bersifat abstrak (terutama pada pokok bahasan Fisika Modern). Mengingat keterkaitan antara teori dan eksperimen, maka kegiatan eksperimen di laboratorium Fisika haruslah pula dibuat cukup menarik, mudah dan menyenangkan. Dengan demikian siswa yang telah termotivasi belajar Fisika di kelas akan lebih lebih termotivasi lagi untuk cinta akan Fisika. Namun perlu disayangkan, pada kenyataannya banyak eksperimen yang tidak dapat dilakukan dengan baik di laboratorium karena ketersediaan alat penunjang eksperimen yang kurang memadai sehingga hasil eksperimennya kurang sesuai dengan yang diharapkan, terutama untuk topik-topik yang berkaitan dengan Radioaktivitas. Selain alat-alat yang cukup mahal juga ijin penggunaan unsur radioaktif cukup ketat.
Berdasarkan uraian tersebut di atas, telah dibuat simulasi eksperimen yang memanfaatkan tabung Geiger Muller dan Ratemeter berbasis komputer dengan memanfaatkan program makro media flash, dengan maksud agar siswa dapat melakukan eksperimen secara cepat dan dengan hasil yang tepat pula. Ujicoba program simulasi dilakukan kepada siswa-siswi SMA IPIEMS Surabaya. Cara pengujian dilakukan dengan menggunakan angket. Dari data angket yang diperoleh mengidentifikasikan program baik sebanyak 90%. De ngan demikian, media yang telah dibuat untuk melakukan eksperimen radioaktivitas melalui simulasi eksperimen berbasis komputer di SMA dapat dikatakan baik.

Save to Mendeley


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33508/mgs.v0i31.46