Pengembangan Media Pembelajaran Mandiri BerbantuanKomputer untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kalkulus II

I. Nyoman Arcana

Abstract


Secara teoritis, cara terbaik untuk memperoleh pemahaman
konseptual dalam kalkulus adalah membaca berulang-ulang teori
dasarnya dan kemudian mengerjakan latihan-latihan yang bervariasi,
dimulai dari latihan untuk pengecekkan konsep, menguji pemahaman
konseptual melalui grafik, dan latihan menggunakan deskripsi verbal
untuk menguji pemahaman konseptual. Tetapi, tidak banyak mahasiswa
yang mau membaca berulang-ulang teori dasarnya, bahkan secara umum
banyak mahasiswa yang mudah bosan membaca buku, dan sebaliknya
sangat tergoda oleh hal-hal yang bersifat visual seperti televisi dan
komputer. Penelitian (pengembangan) ini bertujuan membuat CD
(Compact Disk) pembelajaran mandiri untuk mengurangi kelelahan dan
kejenuhan tersebut. CD memanfaatkan program animasi untuk
mempermudah pemahaman konsep dasar kalkulus. Pengembangan
pembelajaran ini menggunakan metode/model prosedural, yaitu model
yang bersifat deskriptif. Presedur pengembangan meliputi: studi
eksplorasi, pengembangan bentuk awal produk, validasi (validasi ahli, uji
lapangan), revisi program berdasarkan hasil validasi, dan pengumpulan
serta analisis data. Hasil pengembangan adalah CD pembelajaran yang
diberi judul REMEDI KONSEP KALKULUS

Save to Mendeley


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33508/mgs.v0i30.632