Strategi Pengembangan Sekolah Efektif untuk Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi
Abstract
Salah satu permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh bangsa
Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan
satuan pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah. Berbagai
usaha telah dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional,
antara lain melalui berbagai pelatihan dan peningkatan kompetensi guru
(namun hal ini belum menjangkau sampai di tingkat kota terkecil),
pengadaan buku dan alat pelajaran, perbaikan sarana dan prasarana
pendidikan, dan bahkan peningkatan mutu manajemen sekolah. Namun
demikian, berbagai indicator mutu pendidikan belum menunjukkan
peningkatan yang berarti. Sebagian sekolah, terutama di kota-kota
menunjukkan peningkatan mutu pendidikan yang cukup menggembirakan,
namun sebagian besar lainnya masih memprihatinkan. Untuk mengatasi
masalah tersebut diperlukan pengembangan sekolah yang efektif otonomi
dan inovatif.
Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan
satuan pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah. Berbagai
usaha telah dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional,
antara lain melalui berbagai pelatihan dan peningkatan kompetensi guru
(namun hal ini belum menjangkau sampai di tingkat kota terkecil),
pengadaan buku dan alat pelajaran, perbaikan sarana dan prasarana
pendidikan, dan bahkan peningkatan mutu manajemen sekolah. Namun
demikian, berbagai indicator mutu pendidikan belum menunjukkan
peningkatan yang berarti. Sebagian sekolah, terutama di kota-kota
menunjukkan peningkatan mutu pendidikan yang cukup menggembirakan,
namun sebagian besar lainnya masih memprihatinkan. Untuk mengatasi
masalah tersebut diperlukan pengembangan sekolah yang efektif otonomi
dan inovatif.
Save to Mendeley
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33508/mgs.v0i24.654