Submissions

Online Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for Jurnal Teknologi Pangan dan Gizi (Journal of Food Technology and Nutrition)?

Go to Login Start New Submission

Need a Username/Password?

Go to Registration
 

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL

Jurnal Teknologi Pangan dan Gizi

(Journal of Food Technology and Nutrition)

 

LINGKUP JURNAL

Jurnal Teknologi Pangan dan Gizi (Journal of Food Technology and Nutrition) adalah publikasi ilmiah di bidang ilmu dan teknologi pangan serta gizi, termasuk di dalamnya adalah bidang kimia dan biokimia pangan, keteknikan pangan, mikrobiologi pangan, keamanan pangan, sifat sensoris dan kualitas pangan, pengembangan produk pangan, gizi pangan dan kesehatan, serta pangan dan kesehatan masyarakat. Artikel yang dimuat berupa: hasil penelitian dan komunikasi singkat terkait pangan dan gizi yang belum pernah dipublikasikan di media lain (kecuali dalam bentuk abstrak atau karya ilmiah akademik atau dipresentasikan dalam seminar/konferensi).

JENIS ARTIKEL

Hasil penelitian

Artikel asli hasil penelitian tidak lebih dari 5.000 kata (termasuk tabel dan gambar). Penulisan format hasil penelitian sebagai berikut: judul, nama dan instansi penulis, abstrak, pendahuluan, bahan dan metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan, ucapan terima kasih (bila perlu), dan daftar pustaka (contoh/template artikel dapat diunduh pada website Jurnal Teknologi Pangan dan Gizi (Journal of Food Technology and Nutrition)  

Komunikasi singkat

Artikel komunikasi singkat maksimum 3.500 kata (termasuk tabel dan gambar, judul, nama dan instansi penulis, abstrak, pendahuluan, bahan dan metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan, ucapan terima kasih (bila perlu), dan daftar pustaka). Artikel komunikasi singkat harus memberikan kontribusi penting bagi ilmu pengetahuan baru, teknologi atau aplikasi.

Artikel Review

Mulai edisi Oktober 2022, dibuka kesempatan untuk artikel berjenis review untuk dapat diterbitkan di Jurnal Teknologi Pangan dan Gizi (Journal of Food Technology and Nutrition) dalam jumlah terbatas. Kriteria penerimaan artikel review adalah ditulis oleh penulis yang telah berpengalaman di topik review yang dituliskan, metode review yang jelas (meta analisis, systematic review), menerapan PRISMA statement. Artikel maksimum 10.000 kata.

PERSYARATAN ARTIKEL:

  1. Artikel ditulis sesuai dengan template artikel yang dapat diunduh di tautan ini.
  2. Artikel wajib memiliki minimum 5 paparan data berupa gambar atau tabel.
  3. Penulis mengisi form pernyataan kelengkapan dan orisinalitas yang dapat diunduh di tautan ini dan diunggah di bagian upload supplementary file
  4. Ditulis dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia, diketik menggunakan program Microsoft Word, sesuai dengan template yang disediakan
  5. Gambar dan tabel ditempatkan dalam manuskrip (tidak terpisah), segera setelah tabel/gambar tersebut disitasi dalam teks. Apabila ukuran Tabel besar, dapat diletakkan di bagian akhir manuskrip.
  6. Menyertakan ethical clearance untuk penelitian yang menggunakan hewan uji atau manusia (in vivo) dari pihak terkait.
  7. Penulis bertanggung jawab terhadap isi manuskrip.  Penulis korespondensi akan menjadi kontak yang berkomunikasi dengan editorial Jurnal Teknologi Pangan dan Gizi (Journal of Food Technology and Nutrition) selama proses pengelolaan naskah hingga terbit.
  8. Semua korespondensi dilakukan melalui open journal system Jurnal Teknologi Pangan dan Gizi (Journal of Food Technology and Nutrition)

 

PEDOMAN ISI TULISAN

Judul

  1. Judul artikel harus singkat dan informatif.
  2. Judul di tulis dalam Bahasa Indonesia DAN Bahasa Inggris. Judul Bahasa Indonesia ditulis dengan huruf kapital kecuali nama spesies. Sedangkan judul Bahasa Inggris ditulis italic dengan huruf kecil, dengan setiap awalan kata menggunakan huruf kapital kecuali kata-kata sambung (and, of, dll)
  3. Tidak perlu menulis nama dan afiliasi di template, kelengkapan nama dan afiliasi penulis dicantumkan ketika proses submission di bagian isian meta data 
  4. Penulis korespondensi akan dikenali oleh sistem lewat metadata yang diisikan ketika submission

Abstrak

  1. Abstrak ditulis dalam satu paragraf dalam bahasa Inggris (huruf miring) DAN Bahasa Indonesia, masing-masing antara 200-250 kata.
  2. Abstrak berisi highlight latar belakang, bahan dan metode, serta hasil penelitian termasuk data kuantitatif yang menonjol dan terkait dengan judul.

Kata Kunci

Pencantuman kata kunci sejumlah 3 - 5 kata.

Pendahuluan

Pendahuluan berisi latar belakang dan dukungan kepustakaan yang diakhiri dengan tujuan penelitian.

Bahan dan Metode

  1. Bahan utama yang digunakan harus jelas spesifikasi dan sumber/asal perolehannya
  2. Bahan kimia analisis ditulis dan disebutkan merk nya.
  3. Metode yang digunakan harus reproducible dan bila diambil dari sumber lain dilengkapi dengan sitasi.
  4. Analisis statistik ditulis di bagian akhir bahan dan metode, mencantumkan metode statistik yang digunakan dan alat/software untuk melakukan analisis statistik

Hasil dan Pembahasan

  1. Judul Tabel dan Gambar harus diberi nomor berurutan sesuai kemunculan di artikel.
  2. Pembahasan hasil penelitian disertai dukungan pustaka yang sesuai.
  3. Angka desimal ditulis dengan koma untuk Bahasa Indonesia; angka desimal disesuaikan dengan jenis analisisnya.
  4. Data yang disajikan dalam bentuk rata-rata dilengkapi dengan Standard Deviasi (SD) atau Standard Error of Mean (SEM) dalam tabel atau gambar.

Kesimpulan

Kesimpulan ditarik berdasarkan dari hasil dan pembahasan dengan mengacu pada tujuan penelitian. Ditulis dalam 1 paragraf.

Ucapan Terima kasih (bila perlu)

Dituliskan nama instansi atau perorangan yang berperan dalam pendanaan pelaksanaan penelitian serta penulisan artikel. Dituliskan nomor kontrak penelitian (apabila ada)

Daftar Pustaka

  1. Penulisan referensi mengacu pada APA (American Psychological Association) Citation Style
  2. Disarankan memakai reference manager (Mendeley, Zotero, Endnote, dll)
  3. Urutan pustaka disusun berdasarkan abjad.
  4. Tahun, Volume, dan halaman dituliskan dengan lengkap.
  5. Pustaka dari internet disertai tanggal pada saat mengutip
  6. Mayoritas Pustaka yang digunakan adalah Pustaka terbaru dan wajib mencantumkan Nomor DOI (Digital Object Identifier).

Contoh penulisan referensi

Referensi Jurnal

Astadi, I. R., Astuti, M., Santoso, U., & Nugraheni, P. S. (2009). In vitro antioxidant activity of anthocyanins of black soybean seed coat in human low density lipoprotein (LDL). Food chemistry112(3), 659-663.http://dx.doi.org/10.1016/j.foodchem.2008.06.034

Fabra, M. J., Falcó, I., Randazzo, W., Sánchez, G., & López-Rubio, A. (2018). Antiviral and antioxidant properties of active alginate edible films containing phenolic extracts. Food Hydrocolloids81, 96-103. https://doi.org/10.1016/j.foodhyd.2018.02.026

Referensi Buku

Robinson, D.S., 1987. Food-biochemistry and nutritional value. Longman Scientific & Technical. pp. 125-128.

McDonald, P., 1981. The biochemistry of silage. John Wiley & Sons, Ltd. pp. 50-53.

Referensi skripsi/thesis

Yenny, L., 2013.Uji aktivitas antioksidan ekstrak etanol buah cabai rawit hijau (Capsicum frutescens L.) dengan metode DPPH (1,1-difenil-2-pikrilhidrazil) dan penetapan kadar kapsaisin secara Kromatografi Lapis Tipis (KLT) - densitometri. Skripsi thesis, Sanata Dharma University. https://repository.usd.ac.id/5285/

Uswatun, R., 2011. Pengaruh ekstrak cabai rawit merah (capsicum frutescens l.) sebagai antioksidan terhadap proses autooksidasi minyak kelapa krengseng. Skripsi thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/16035/

Referensi website

Waterhouse, A.L. Folin Ciocalteu micro method for total phenol in wine. http://waterhouse.ucdavis.edu. (Diakses: 16 April 2016)

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Artikel belum pernah diterbitkan atau dalam proses diterbitkan di jurnal lain ataupun prosiding.
  2. Penulis korespondensi telah memperoleh persetujuan dari seluruh penulis anggota
  3. Manuskrip yang diunggah HARUS dalam bentuk MS WORD
  4. Manuskrip ditulis sesuai dengan template yang disediakan dan sesuai dengan Petunjuk Penulisan (Author Guidelines)
  5. Telah mengisi dan menandatangani Pernyataan Kelengkapan dan Orisinalitas Artikel (CHECKLIST)
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.